DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Kampung KB, Strategi Keberhasilan Pembangunan

Nganjuk, megapos.co.id – Saat ini, Pemerintah Kabupaten Nganjuk sedang getol mensukseskan program Kampung Keluarga Berencana (KB). Hal ini penting dilakukan sebagai upaya dan strategi keberhasilan pembangunan di Kabupaten Nganjuk.

“Program Kampung KB diharapkan mampu memberikan kontribusi di dalam pembangunan daerah sekaligus menekan pertumbuhan penduduk,” ungkap Wakil Bupati Nganjuk, Dr. Drs. H. Marhaen Djumadi, S.E., S.H., MM., MBA saat membuka acara  Penguatan Program Kampung KB di Kabupaten Nganjuk tahun 2018,  di ruang Anjuk Ladang, Kamis (22/11/2018).

Menurut Wabup, saat ini, di Kabupaten Nganjuk sudah terbentuk 51 Kampung KB yang tersebar di 20 kecamatan. “Target kita setiap tahun bisa terbentuk sedikitnya 21 Kampung KB,” tandasnya.

Peserta kegiatan Penguatan Program Kampung KB

Wabup menjelaskan, di Kabupaten Nganjuk tingkat pertumbuhan penduduk mencapai 2,14 persen, sedangkan di tingkat nasional 1,35 persen. Untuk rasio ibu melahirkan usia 14 – 17 tahun di Kabupaten Nganjuk  masih cukup tinggi yaitu mencapai 50,40 persen. “Ini artinya, di Kabupaten Nganjuk masih banyak terjadi pernikahan dini,” terangnya.

Ia berharap kepada seluruh mitra kerja terkait program Kampung KB untuk membangun sinergi dalam rangka mensukeskan program Kampung KB sehingga Kabupaten Nganjuk yang maju dan bermartabat bisa terwujud.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinas PPKB) Kabupaten Nganjuk, Sugeng Budi Wiyono, SKM, MM menyampaikan kegiatan ini diikuti 30 peserta terdiri dari anggota Pokja Integrasi Program Kampung KB dan Camat se Kabupaten Nganjuk.

Menurut Sugeng, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta mitra kerja Kampung KB, memberikan pemahaman tiap kegiatan di Kampung KB dan terbentuknya tim minitoring Kampung KB.

Reporter : Jumiati

Editor : M. Hartono