Pembangunan JLS Segera Dilanjutkan

Tulungagung, mega pos.co.id – Pemerintah kembali melanjutkan proyek nasional jalur menuju Pantai Gemah, jalur lintas selatan (JLS) di wilayah Tulungagung. Rencananya, tahun ini akan dibangun jalur sepanjang 7,7 kilometer hingga perbatasan Kabupaten Trenggalek.

Plt. Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan, saat ini rencana pembangunan tersebut masih dalam tahap lelang di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Kami berharap nanti di tahun 2020, JLS di Tulungagung ini sudah bisa menyambung sampai ke Trenggalek. Dengan demikian, maka arus perdagangan dan ekonomi di pesisir berbasis selatan bisa lebih berkembang,” katanya, Jumat (22/3/2019).

Harapan Maryoto tersebut dikarenakan di wilayah Kecamatan Watulimo Trenggalek terdapat Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) serta pelabuhan barang perintis yang merupakan salah satu bagian cikal bakal tol laut di selatan Jawa.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tulungagung Suharto menjelaskan, sesuai dengan rencana JLS di wilayah Tulungagung akan dibangun sepanjang 54,8 kilometer mulai dari batas Kabupaten Blitar hingga perbatasan Trenggalek. “Saat ini pembangunan yang sudah terealisasi 20 persen,” ujarnya.

Reporter : Agus Budiyanto

Editor      : M. Hartono