Perluas Pangsa Pasar, Ini yang Dilakukan Dinkop UMKM Tulungagung

Tulungagung, megapos.co.id  – Untuk meningkatkan penjualan produk atau komoditas anggota koperasi wanita (Kopwan), Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM ) Kabupaten Tulungagung melaksanakan kegiatan yang bertajuk “Fasilitasi Pemasaran dan Perluasan Pangsa Pasar Bagi Produk Koperasi” di Hall Liiur Cafe, Rabu (24/4/2019).

Plt. Kepala Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Tulungagung Sunaryo melalui Kepala Seksi Usaha Koperasi sekaligus merangkap Kasi Pemasaran Riza Nasir Sofyan mengatakan, kegiatan merupakan bagian bidang pemberdayaan dan perlindungan koperasi.

Diungkapkan, kegiatan dihadiri 75 orang terdiri dari Pusat Koperasi Wanita (Puskopwan), koordinator Kopwan Kecamatan  Boyolangu, Kopwan wilayah Kecamatan Ngunut, Kopwan Gondang, Kopwan Tulungagung, Kopwan Sumbergempol, dan Kopwan Tanggunggunung.

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, mulai Rabu 24 April 2019 hingga Kamis 25 April 2019, dengan nara sumber Agus Eko Sujianto Dosen Pasca Sarjana IAIN Tulungagung, Dari, pengurus Koperasi Sukses Makmur Tulungagung, Iva Masfufah Direktur CV. Intan Jaya Tulungagung, dan Ahmad Sohibi Buka Lapak Kios Lokajaya Topi.

Dikatakan, tujuan kegiatan ini agar produk dari anggota koperasi bisa dipasarkan melalui daring (online). Setelah adanya kegiatan ini bisa terbentuk jaringan usaha meskipun koperasi itu sendiri sudah merupakan jaringan.

Nantinya produk dari anggota koperasi bisa dipasarkan baik melalui swalayan maupun toko-toko yang ada di Kabupaten Tulungagung.

“Sementara ini produk-produk koperasi dipasarkan melaui Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT). Meskipun khusus untuk usaha mikro, akan tetapi bisa juga untuk anggota koperasi itu sendiri. Dalam artian bisa menitipkan produknya ke PLUT,” urai Riza.

Reporter : Agus Budiyanto

Editor      : M. Hartono