175 Koperasi di Tulungagung Akan Dibubarkan

Tulungagung,megapos.co.id – Peran serta koperasi sangat membantu masyarakat di dalam melaksanakan roda perekonomian, dan dapat membangun insan perkoperasian di wilayahnya.

Menanggapi hal tersebut, Plt Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tulungagung, Sunaryo mengatakan, saat ini jumlah koperasi di Tulungagung yang tercatat di dinas koperasi sebanyak 972 koperasi yang aktif. Dan setiap tahun terus bertambah seiring pertumbuhan ekonomi masyarakat yang terus berkembang.

“Dari jumlah tersebut, sebanyak 415 koperasi yang aktif melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan cenderung lebih ke internal, yaitu lebih memperbaiki kualitas koperasi yang dikelolanya” ucapnya, Selasa (30/7/2019) usai melaksanakan uparaca HUT Koperasi ke 72 tahun 2019 kemarin.

Dalam hal ini, Pemkab Tulungagung, khususnya Dinas Koperasi dan Usaha Mikro terus mendorong  kepada koperasi-koperasi supaya melaksanakan RAT. Untuk bulan-bulan ini atau bulan berikutnya masih bisa melakukan RAT semaksimal mungkin.

“Adapun untuk pelaksanaan RAT, sampai akhir tahun boleh,¬† namun lebih baik dilakukan diawal tahun. Kalau sampai ditunda-tunda ada apa, ada permasalahan apa,” jelas Sunaryo, Rabu (31/7/2019).

Oleh karena itu, pihaknya bersama Penyuluh Petugas  Koperasi Lapangan (PPKL) terus menghimbau, mendampingi supaya mereka melakukan RAT secepatnya.

“Paling lambat ya bulan Oktober, dalam artian, kalau bisa sekarang kenapa harus menunggu besuk,” bebernya.

Sampai saat ini total koperasi yang rencana dibubarkan sebanyak 175 koperasi, dan semuanya sudah dalam proses.

“Di Tulungagung, total koperasi sebanyak 1.000 lebih, dan yang aktif sebanyak 972 koperasi, dan itu nantinya yang kita bina,” tegas Sunaryo.

Reporter : Agus Budiyanto

Editor : M. Hartono