Disdik : Proyek DAK Harus Berkualitas

Nganjuk, megapos.co.id – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Drs H Moh Yasin MSi melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar, Drs Suroto MM meminta kepada lembaga sekolah baik SD maupun SMP penerima bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dalam pengerjaan proyek DAK harus berkualitas dan sesuai dengan spek.

“Saya meminta kepada seluruh lembaga penerima bantuan DAK bisa melaksanakan proyek DAK sesuai regulasi dan RAB yang telah ditentukan sehingga harapannya hasil pengerjaan proyek DAK berkualitas,” ungkap Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Drs Suroto MM saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (5/9/2019).

Kasi Sarana Prasana Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Restiyan Effendi, SST

Ia berharap agar kualitas pekerjaan harus betul-betul dapat dipertanggung jawabkan, sehingga hasilnya bisa dinikamati oleh siswa dengan baik dan bangunan bisa bertahan hingga puluhan tahun. “Maka dari itu, kualitas pembangunan menjadi prioritas,” tegasnya.

“Jadi, kita tegaskan bahwa kualitas bangunan menjadi syarat mutlak bagi semua lembaga penerima bantuan DAK. Kita bersama tim akan terus mengawal proses dan tahapan pelaksanaan proyek DAK,” tegasnya.

Jika ada lembaga yang dalam pengerjaan proyek DAK tidak sesuai dengan RAB, kata Suroto, pihaknya akan memberikan teguran keras bahkan sanksi tegas agar ke depannya bisa melaksanakan sesuai dengan aturan. Untuk itu,  pihaknya terus melakukan monitoring dan pengawasan.

Sementara itu, Kasi Sarana Prasana Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Restiyan Effendi, SST menambahkan tahun 2019 ini, penerima bantuan DAK sejumlah 19 lembaga SMP dan 89 lembaga SD.

Diakui Restiyan, saat ini, masing-masing sekolah penerima bantuan sudah mulai melaksanaan kegiatan tahap pengerjaan awal yaitu mencapai kurang lebih 25 persen. “Adapun target waktu pelaksanaan kegiatan 120 hari harus tuntas atau finish. Setidaknya awal Desember, pekerjaan harus tuntas,” ujarnya.

Ia berharap, bagi sekolah penerima bantuan untuk segera merampungkan kegiatan pembangunan. “Semoga, dengan kucuran bantuan DAK, sarana prasarana sekolah baik SD maupun SMP yang ada di kabupaten Nganjuk bisa mamadai dan layak untuk memberikan pelayanan pendidikan dengan harapan mampu mendorong sekolah untuk menciptakan anak didiknya semakin berprestasi,” pungkasnya.

Editor : Jumiati