Peringati Hari Jadi ke 7, Klub Catur Pionmas Gelar Turnamen Catur

Jombang, megapos.co.id – Memperingati hari jadinya ke 7,  Klub Catur Pionmas Jombang menyelenggarakan turnamen catur untuk umum, se Kabupaten Jombang.

Turnamen catur ini diikuti 64 peserta pria dan wanita, berlangsung di  Pendopo Kecamatan Jombang, Kamis (10/10/2019).

Hadi Sis, Kepala Dinas Kebudayaan dan Olahraga Kabupaten Jombang dalam sambutannya saat membuka turnamen mengatakan, di turnamen catur ini hampir semua elemen masyarakat berkumpul, perempuan juga ada yang ikut, ini menandakan permainan catur bukan dominasi mayoritas kaum pria saja.

“Permainan catur adalah olahraga mengasah kecermatan berfikir dan bertindak. Kami harapkan kepada seluruh peserta bermain dengan sportif.” ujarnya.

“Sportivitas diutamakan untuk mempererat kebersamaan, juga, agar meningkatkan gairah olahraga kepada masyarakat untuk mengembangkan otak.” tambahnya.

Di tempat yang sama, Ketua panitia Wahyudi Sulistya yang juga ketua Klub Catur Pionmas menjelaskan, pertandingan dimulai sejak jam 09.00 pagi dan menggunakan sistim ‘Swiss Manager’ dengan melihat jumlah peserta yang ikut.

”Turnamen menggunakan sistim ‘Swiss Manager’, sedangkan cara menentukan lawan tanding butuh lima kategori yang bernama ‘Tie Break’,” jelasnya.

Tujuan diadakan turnamen catur ini,  menurut Wahyudi, guna mencari bibit atlit profesional dan untuk  meningkatkan kulalitas atlit catur di Kabupaten Jombang yang berkarakter dan berdaya saing.

Dari hasil turnamen catur ini juara satu diraih Emi Suwandi, juara ke dua diraih Bambang Sugik dan Juara ke tiga diraih oleh Cipin.

Emi Suwandi, peraih Juara satu ketika diwawancarai menjelaskan, untuk bisa menjuarai turnamen catur modalnya harus tekun dan  semangat dalam berlatih. “Tekun berlatih dan semangat, itu modal untuk bisa menjadi juara,” pesannya.

Penyerahan hadiah dilakukan Agus, Kepala Kecamatan Jombang yang mengharapkan, agar turnamen catur tidak hanya kali ini saja, akan tetapi ke depan agar lebih meningkat lagi.

“Turnamen catur ini dilaksanakan untuk mencari bibit atlit baru di Jombang, ke depannya atlit catur bisa mewakili Kabupaten Jombang di tingkat provinsi, bahkan nasional,” harapnya.

“Ke depannya jika masih dipercaya memimpin Tunggorono, saya akan meningkatkan olahraga catur di desa, agar warga desa bisa menjadi atlit yang profesional,” pungkasnya.

Reporter : Wisnu

Editor : M Hartono