Peringati HUT ke 40, SMPN 1 Berbek Terapkan Pendidikan Karakter

Nganjuk, megapos.co.id – Melalui momentum peringatan HUT ke 40, SMP Negeri 1 Berbek komitmen menerapkan pendidikan karakter bagi peserta didik.

“Untuk itu, dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT ke 40 ini, kita sengaja menampilkan kegiatan yang berorientasi pada pemantapan pendidikan karakter, diantaranya aspek disiplin, moral, sopan santun dan kerjasama,” ungkap Kepala SMP Negeri 1 Berbek, Sunarto MPd saat ditemui usai acara jalan santai, Jumat (22/11/2019).

Penyerahan tumpeng dari Kepala SMPN 1 Berbek Sunarto MPd kepada Pengawas SMP, Marsudi

Diakuinya, penerapan pendidikan karakter penting dilakukan untuk membentuk watak generasi bangsa yang cerdas, berakhlaq dan berbudi pekerti. “Sejalan dengan pendidikan karakter yang telah kita terapkan bagi peserta didik, SMP Negeri 1 Berbek juga mampu menjadi sekolah Adiwiyata tingkat propinsi,” tambah Sunarto.

Sebagai wujud penerapan pendidikan karakter, kata Sunarto, saat ini, sekolah budayakan pembiasaan 5 S yaitu senyum, salam, sapa, sopan dan santun. “Selain itu, sebagai wujud penghormatan dan cinta tanah air, kita menerapkan pembiasaan hormat kepada bendera merah putih setiap hari khusus bagi petugas paskibraka dan pengurus OSIS,” imbuhnya.

Tampak antusias siswa siswi mengikuti jalannya pertunjukan wayang kulit

Melalui momentum peringatan HUT ke 40 ini, Sunarto berharap pendidikan karakter yang sudah diterapkan di SMP Negeri 1 Berbek ini semakin mantap. Selain itu, ia juga berharap prestasi baik akademis maupun non akademis yang sudah diraih semakin meningkat.

“Utamanya di bidang IT, kita akan terus berupaya agar pendidikan berbasis IT terus ditingkatkan, salah satunya saat ujian semester, kita sudah menerapkan ujian berbasis IT, bahkan untuk ujian nasional berbasis komputer sudah kita lakukan untuk yang ketiga kalinnya,” pungkas Sunarto.

Pelepasan balon oleh Kepala SMPN 1 Berbek, Sunarto MPd saat kegiatan jalan santai

Sementara itu, Ketua Panitia Bambang Indrata menambahkan sejumlah kegiatan sengaja digelar untuk memperingati HUT ke 40 SMP Negeri 1 Berbek. Sebut saja, Rabu (20/11/2019), digelar lomba olahraga futsal dan fashion show dengan memanfaatkan daur ulang sampah.

“Sedangkan untuk hari Kamis (21/11/2019), kita menggelar lomba menyanyi tunggal yang diikuti 27 peserta. Jadi masing-masing kelas mengirimkan 1 perwakilan untuk mengikuti lomba menyanyi,” kata Bambang.

Selain lomba, lanjutnya, juga digelar jalan santai, Jumat (22/11/2019), dengan mengambil start dan finish di halaman sekolah. Dalam acara jalan santai, peserta mengikuti undian berhadiah dengan hadiah utama sepeda dan seekor kambing serta ratusan door price menarik lainnya.

Puncaknya, kata Bambang, Sabtu (23/11/2019) digelar pertunjukan wayang kulit yang dimainkan oleh Ki Dalang Bambang Pamungkas dengan lakon Dharma Bhakti Putra. Menurutnya, pertunjukan wayang kulit ini diikuti oleh seluruh keluarga besar SMP Negeri 1 Berbek. Bahkan, antusias siswa siswi sangat luar biasa, terbukti mereka mengikuti jalannya pertunjukan wayang dari awal sampai dengan selesai dengan tertib dan lancar.

Reporter : Jumiati