Wujudkan Generasi Unggul, SMKN 1 Lengkong Terapkan Pendidikan Karakter

Nganjuk, megapos.co.id – Untuk mewujudkan generasi yang unggul, SMK Negeri 1 Lengkong menerapkan penguatan pendidikan karakter bagi para siswanya. Program penguatan pendidikan karakter, diharapkan akan menjadi “ruh” dari Pendidikan.

Kepala SMK Negeri 1 Lengkong, Drs Anjar Surasa MPd melalui Waka Kesiswaan Widi Wiyono SPd mengatakan, program tersebut penting dilakukan untuk mendorong agar siswa, dapat menumbuh kembangkan karakter positifnya dan memiliki rasa tanggung jawab. Melalui berbagai kegiatan intra dan ekstrakurikuler dalam pembinaan guru.

Waka Humas MA Chamid, SPd MM

“Pendidikan karakter itu tidak hanya sopan santun, tetapi karakter pekerja keras, jujur, mandiri, disiplin, dan juga bertanggung jawab,” ungkap Widi, Rabu (22/1/2020).

Sebagai wujud penerapan pendidikan karakter, kata Widi, sekolah budayakan pembiasaan disiplin bagi siswa seperti masuk sekolah tepat pukul 07.00 wib, pembiasaan bersalaman setiap pagi kepada bapak ibu guru dan mengadakan kegiatan pentas seni untuk memunculkan potensi siswa.

“Selain itu, bagi siswa yang melanggar tata tertib sekolah seperti melompat pagar akan kita beri sanksi berupa meminta tanda tangan kepada kepala desa/kelurahan, koramil hingga polsek,” tegasnya.

“Dengan kepemimpinan Pak Anjar selama satu tahun lebih ini, beliau fokus untuk penguatan pendidikan karakter dan komunikasi yang baik antara pihak sekolah dengan siswa maupun orang tua. Dan hasilnya alhamdulilah tingkat kenakalan remaja jauh berkurang,” tandasnya lagi.

Ia berharap, dengan berbagai upaya yang dilakukan sekolah, ke depan SMK Negeri 1 Lengkong bisa terus eksis dan semakin maju sehingga bisa mendapatkan kepercayaan masyarakat untuk mewujudkan generasi yang unggul di era globalisasi.

Sementara itu, Waka Humas MA Chamid, SPd MM menambahkan, untuk mewujudkan program sekolah, SMK Negeri 1 Lengkong ditunjang dengan sarana pendidikan yang cukup representatif diantaranya ruang kelas yang nyaman serta memadai untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar, mushola, tempat parkir yang luas, laboratorium yang lengkap di setiap jurusan serta ruang perpustakaan.

“SMK Negeri 1 Lengkong juga memiliki 5 program keahlian yaitu Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Audio Video (TAV), Teknik Elektronika Industri (TEI) dan Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) yang masing-masing memiliki peluang kerja bagi peserta didik,” ungkap Chamid.

Diakuinya, dari kelima jurusan tersebut, TEI dan DPIB merupakan jurusan baru. “Kedua jurusan tersebut, tahun ini baru akan meluluskan peserta didik kita,” pungkasnya.

Reporter : Jumiati