PWI Nganjuk Ajak Pelajar SMP Gemar Menulis

Nganjuk, megapos.co.id – Persatuan Wartawan Indoneaia (PWI) Nganjuk mengajak generasi muda khususnya pelajar tingkat SMP untuk gemar menulis. Oleh karena itu, untuk mengasah kemampuan menulis, PWI Nganjuk menggelar Diklat Jurnalistik dan Broadcast.

Acara yang diikuti 30 peserta dari kalangan pelajar tingkat SMP ini digelar di SMP Negeri 2 Prambon, Rabu (4/3/2020).

Peserta Diklat Jrnalistik saat praktik wawancara cegat

Kegiatan yang bertajuk Roadshow Goes to School Diklat Jurnalitik dan Broadcast ini menghadirkan dua pemateri, yaitu wartawan Harian Koran Memo, Muji Hartono memberikan materi tentang Teknik Reportase dan Penulisan Berita dan Wartawan TV One, Romza memberikan materi tentang Video Jurnalis.

Ketua PWI Nganjuk, Andik Sukaca mengatakan bahwa kegiatan diklat ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020. Selain itu, kata Andik, kegiatan diklat ini juga untuk mengajak generasi muda agar gemar menulis serta memberikan edukasi kepada pelajar tentang dunia jurnalistik.

“Diklat yang kita gelar di SMP Negeri 2 Prambon hari ini merupakan roadshow kelima, setelah sebelumnya kita melakukan diklat serupa di SMP Negeri 6 Nganjuk. Ada lima lembaga sekolah yang sudah kita agendakan. Namun, ada 10 lembaga yang menjadi target kita untuk diberikan diklat,” katanya.

Ia berharap  dengan diklat ini bisa memberikan pemahaman kepada peserta tentang cara menulis berita yang baik dan benar. “Mudaha-mudahan, setelah kegiatan hari ini, adik-adik terinspirasi  dan semangat untuk belajar tentang dunia jurnalis,” katanya lagi.

Selain diklat jurnalistik, lanjut Andik, dalam rangka memperingati HPN tahun 2020, PWI Nganjuk juga mengagendakan sejumlah kegiatan, diantaranya yaitu tanggal 4 Maret 2020 diadakan kegiatan seleksi lomba catur tingkat SD Turnamen PWI Cup III Tahun 2020 Jatim Open se Provinsi Jawa Timur dan bakti sosial bekerjasama dengan PWI Jatim di RSUD Nganjuk tanggal 29 Februari 2020 yang lalu.

Dalam kesempatan itu, Kepala SMP Negeri 2 Prambon, Muhammad Abdulloh Alwy mengaresiasi inisiatif PWI Nganjuk menggelar Diklat Jurnalistik dan Broadcast ini. Ia mengatakan, pelatihan jurnalistik bisa memberikan pemahaman kepada anak didiknya agar mengenal lebih jauh dunia jurnalistik dan memberikan ilmu atau keahlian dalam menulis.

Diakuinya, pada bulan Desember 2019 yang lalu, dengan segala keterbatasan ilmu jurnalistik dari pembina maupun anak didiknya, SMP Negeri 2 Prambon bisa melaunching majalah sekolah untuk edisi perdana.

“Saya berharap dengan diklat yang diberikan PWI Nganjuk hari ini bisa memberikan kontribusi terhadap pengetahuan dan pemahaman baik pembina maupun anak didik tentang ilmu jurnalistik sehingga harapannya bisa diterapkan untuk membuat majalah sekolah yang lebih baik,” pungkas Alwi.

Reporter : Jumiati