DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Lagi, Positif Covid – 19 di Nganjuk Bertambah Jadi 9 Pasien

Nganjuk, megapos.co.id – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Nganjuk bertambah 1 pasien, pada Jumat (10/4/2020). Dengan bertambahnya satu pasien tersebut, maka dari data sebelumnya sebanyak 8 orang pasien, kini jumlahnya menjadi 9 orang positif Covid – 19.

“Saat ini, ada penambahan 1 terkonfirmasi positif. Yang bersangkutan adalah peserta pelatihan petugas haji di Surabaya, sebagai tenaga kesehatan Kabupaten Jombang,” ungkap Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Nganjuk, Dr Hendriyanto, Jumat malam (10/4/2020).

Kronologinya, menurut Dr Hendriyanto yaitu sepulang dari diklat, yang bersangkutan mengeluh demam dan nyeri perut, saat dilakukan Rapid Test hasilnya negatif, foto rontgen paru-paru normal.

“Pada tanggal 31 Maret 2020, yang bersangkutan masuk RSUD Jombang, dengan diagnosa typhus. Selama perawatan di rumah sakit, kondisi pasien tidak mengalami perbaikan. Maka dilakukan pemeriksaan Rapid test ulang dan hasilnya positif, dan foto rontgen paru-paru ada masalah,” jelasnya.

Kemudian, kata Dr Hendriyanto, pada tanggal 5 April 2020, pasien tersebut ditetapkan sebagai status pasien dalam pengawasan (PDP) di Kabupaten Jombang.

“Selanjutnya pada tanggal 6 April 2020 dilakukan tes swab dan tanggal 10 April 2020, hasil swab keluar dan yang bersangkutan dinyatakan terkonfirmasi positif,” tandasnya.

Ia mengatakan, bahwa yang bersangkutan sehari-hari bekerja sebagai ASN perawat di Kabupaten Jombang, dirawat dan dilakukan tes juga di Jombang. “Namun karena yang bersangkutan ber-KTP Nganjuk, maka oleh provinsi dimasukkan sebagai data COVID-19 konfirmasi positif Kabupaten Nganjuk,” tegas Dr Hendriyanto.

Data yang dihimpun, selain 9 pasien terkonfirmasi positif, data perkembangan terakhir Pandemi Covid-19 di Nganjuk yaitu orang dalam pemantauan (ODP) 36 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 17 orang, dan orang tanpa gejala (OTG) 354 orang.

Dari 9 pasien yang terkonfirmasi positif Covid – 19 tersebar di 6 kecamatan, yaitu Baron 1 orang, Patianrowo 1 orang, Gondang 2 orang, Prambon 3 orang, Nganjuk 1 orang dan Kertosono 1 orang.

Sementara itu, melihat perkembangan Covid – 19 di Kabupaten Nganjuk, Bupati Nganjuk H Novi Rahman Hidhayat menghimbau agar warga Nganjuk tetap tenang,  tidak panik tanpa meninggalkan kewaspadaan dan sikap hati-hati.

“Tetap disiplin dalam menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, hindari kerumunan, jaga jarak, minimal 1 meter, wajib gunakan masker, sering cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun, dan patuhi himbauan pemerintah,” kata Bupati.

Reporter : Jumiati