Pencairan Tahap Kedua, Dinas Pendidikan Optimis Proyek DAK Selesai Tepat Waktu

Nganjuk, megapos.co.id – Saat ini, penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Pendidikan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Dasar (SD) sudah memasuki proses penyaluran tahap II.

Sebanyak 7 SMPN dan 79 SD di Kabupaten Nganjuk saat ini sedang melaksanakan kegiatan fisik pembangunan untuk pencairan tahap kedua yaitu sebesar 45 persen.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Samsul Huda melalui Kasi Sarana Prasarana, Restiyan mengatakan pihaknya optimis pembangunan proyek DAK fisik bidang pendidikan selesai tepat waktu.

Menurutnya, pembangunan yang dilaksanakan mulai akhir Juli 2020 dan ditargetkan selesai awal Desember ini bersumber dari DAK fisik bidang pendidikan tahun 2020.

“Ada beberapa item pembangunan yang dilakukan dalam program kegiatan DAK fisik di tingkat SMPN meliputi pembangunan laboratorium IPA, pembangunan ruang kelas baru, rehab ruang kelas, pembangunan dan rehab kamar mandi,” ungkap Restiyan, Kamis (17/9/2020).

Sedangkan untuk lembaga di tingkat SD, kata Restiyan, terdapat beberapa kegiatan  pembangunan diantaranya, pembangunan ruang kelas baru, rehab ruang kelas, pembangunan kamar mandi, pembangunan dan rehab ruang guru, pembangunan dan rehab perpustakaan,” terangnya.

Menurut Restiyan,  DAK fisik ini untuk menunjang proses penyelenggaraan pendidikan di sekolah-sekolah seperti SD dan SMP, serta Kegiatan Belajar. Selain itu, juga untuk memperkuat ketersediaan sarana dan prasarana penunjang pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan serta menunjang prestasi akademik.

“Diharapkan pihak sekolah bisa menyelesaikan pembangunan secara swakelola sesuai petunjuk teknis dan tepat waktu serta menjaga kualitas pembangunan,” pungkas Restiyan.

Reporter : Jumiati