DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Pascabanjir, Dewan Dorong Pemkab Segera Lakukan Perbaikan Sarana Prasarana

Nganjuk, megapos.co.id – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Nganjuk Marianto S.Sos M.AP gerak cepat terkait banyaknya sarana dan prasarana yang mengalami kerusakan pascabanjir di sejumlah lokasi.

Marianto mengungkapkan, pihaknya sudah membahas masalah tersebut dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nganjuk untuk perbaikan sarana dan prasarana akibat terdampak banjir khususnya di bidang pengairan. “Perbaikan harus dipercepat dan jadi prioritas,” ungkapnya.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan perbaikan sarana dan prasarana ini juga untuk kebutuhan jangka panjang, salah satunya normalisasi sungai dan pembuatan tanggul permanen di daerah rawan ambles,” terangnya.

Ia menegaskan, Komisi 3 juga akan mendorong agar Pemkab Nganjuk untuk segera melakukan koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai ( BBWS ) Surabaya. “Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui sarana dan prasarana yang merupakan kewenangan pusat dan daerah, dengan demikian perbaikan bisa segera direalisasi,” katanya lagi.

Untuk diketahui, anggaran ditujukan untuk perbaikan sarana dan prasarana di tiap tahun cukup besar. Dia mencontohkan tahun 2020 lalu, total anggaran untuk sarana prasarana sebesar Rp 151 miliar.

“Dari jumlah tersebut, hanya Rp 144 miliar yang terserap untuk kegiatan perbaikan drainase di belakang pasar Wage,” katanya.

Terkait salah satu proyek yang urung terlaksana khusus untuk tahun ini, menurut Marianto, di Dinas PUPR Kabupaten Nganjuk juga terkena dampak refocusing Covid -19.

“Untuk itu, saya meminta Dinas PUPR memprioritaskan perbaikan di bidang pengairan yang sangat mendesak rencananya ada 40 titik sungai yang akan dilakukan normalisasi tahun ini sebelumnya ada pada perawatan 28 titik saluran air,” tandasnya lagi.

“Terkait realisasinya, mumpung angka-angka itu masih bisa dirubah untuk titik yang menjadi skala prioritas,” pungkas Marianto.

Reporter : Wahyu Endyk