DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Tinjau Vaksinasi di SMAN 2 Nganjuk, Plt Bupati Nganjuk : Meski Sudah Divaksin, Tetap Patuhi Prokes

Nganjuk, megapos.co.id – Program Percepatan Vaksinasi di Kabupaten Nganjuk terus dilakukan, kali ini, menyasar siswa siswi SMA Negeri 2 Nganjuk.

Kegiatan vaksinasi ini digelar kerjasama antara keluarga besar SMA Negeri 2 Nganjuk dengan Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Nganjuk, Selasa (24/8/2021) di Aula SMA Negeri 2 Nganjuk.

Sebanyak 1000 dosis vaksin diberikan kepada pelajar SMA Negeri 2 Nganjuk usia 16, 17 dan 18 tahun.

Dalam kegiatan vaksin tersebut, Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi didampingi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Wilayah Kabupaten Nganjuk, Edi Sukarno, Kepala RS Bhayangkara drg Dwi Miyarsi MARS dan Kepala SMAN 2 Nganjuk Dr Rita Amalisa MPd meninjau langsung pelaksanaan vaksin.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi menyampaikan terimakasih kepada Kepala SMA Negeri 2 Nganjuk dan Direktur RS Bhayangkara beserta jajaran, utamanya para tenaga kesehatan yang telah memberikan pelayanan vaksinasi kepada para pelajar.

“Pemkab berkomitmen melibatkan TNI -Polri dan seluruh elemen masyarakat untuk gencar melakukan serbuan vaksin untuk mengejar ketertinggalan vaksinasi yang ada di Kabupaten Nganjuk,” ungkap Kang Marhaen sapaan akrab Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi.

Foto bersama usai pelaksanaan vaksinasi

Diakui Kang Marhaen, saat ini, capaian vaksinasi di Kabupaten Nganjuk baru mencapai 21 persen. “Dengan capaian itu, Kabupaten Nganjuk tertinggal dibanding dengan kabupaten / kota lainnya,” tandasnya.

Oleh karena itu, kata Kang Marhaen, pemkab akan terus mengejar ketertinggalan capaian vaksin ini dengan melakukan serbuan vaksinasi untuk masyarakat utamanya kalangan remaja.

Menurutnya, Vaksin Covid-19 bermanfaat untuk memberikan perlindungan tubuh agar tidak jatuh sakit akibat Covid-19 dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh.

“Oleh sebab itu, meski sudah divaksin Covid-19, kita diharus tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes), yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak untuk mencegah penularan virus corona,” imbuhnya.

“Vaksinasi Covid-19 bisa mencegah kita menyebarkan virus corona ke orang lain. Selain itu, untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity),” pungkas Kang Marhaen.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 2 Nganjuk, Dr Rita Amalisa MPd mengaku bersyukur dan berterimakasih kepada RS Bhayangkara Nganjuk karena diberikan kesempatan untuk dilakukan vaksinasi bagi peserta didiknya.

“Alhamduliah, menjelang pembelajaran tatap muka (PTM), anak-anak sudah mengikuti vaksin minimal untuk dosis pertama,” ungkap Rita.

Menurutnya, hari ini untuk kelas XII diberikan vaksinasi dosis kedua, sedangkan untuk kelas X dan XI vaksinasi dosis pertama.

“Kita juga sudah melakukan pemberitahuan kepada orang tua, Dinas Pendidikan Wilayah Cabang Kabupaten Nganjuk, Kantor Kecamatan Nganjuk dan pihak terkait bahwa beaok pagi kita akan melakukan PTM dengan 50 persen 2 sesi,” pungkas Rita.

Reporter : Jumiati