DaerahHead Line NewsHukum & KriminalNganjuk

Penyaluran BLT Dana Desa Desa Sidoharjo, Kapolsek Warujayeng Imbau Masyarakat Tak Abai Prokes

Nganjuk, megapos.co.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Sidoharjo Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada warga Desa Sidoharjo, Jumat (22/10/2021) di Balai Desa Sidoharjo.

Ratusan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima BLT Dana Desa masing-masing sebesar Rp 300 ribu. Adapun dana tersebut, bersumber dari Dana Desa Tahun 2021 ini.

Dalam kegiatan tersebut, Bhabinkmtibmas Desa Sidoharjo Polsek Warujayeng Bripka Sugeng melaksanakan pendampingan penyaluran BLT Dana Desa.

Kapolsek Warujayeng Kompol Drs. Masherly Sutrisno mengatakan, pihaknya melakukan pendampingan terhadap kegiatan tersebut untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat penerima BLT Dana Desa, serta untuk memastikan bahwa penyaluran BLT Dana Desa benar-benar tepat sasaran.

“Upaya ini kita lakukan agar kegiatan tersebut terlaksana dengan lancar dan aman serta tepat sasaran kepada masyarakat penerima manfaat,” katanya.

Untuk itu, kata Kompol Masherly, pihaknya menugaskan anggota Bhabinkamtibmas Polsek Warujayeng untuk melaksanakan pengamanan dan pengawasan terhadap penyaluran bantuan di desa binaannya.

Dalam kesempatan itu, Kompol Masherly Sutrisno juga mengimbau kepada masyarakat agar tak abai terhadap protokol kesehatan.

“Ini penting kita lakukan bersama, sebagai upaya agar selalu sehat dan mencegah penyebaran Covid-19,” pungkasnya.


Kepala Desa (Kades) Sidoharjo H Syaiful Anam mengatakan BLT Dana Desa tersebut diberikan kepada warga yang berhak.

“Ada beberapa kriteria penerima manfaat, salah satunya warga yang belum mendapatkan bantuan dari program pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Kartu Pra Kerja,” ungkap Mbah Anam sapaan akrab H Syaiful Anam.

Menurutnya, BLT Dana Desa diberikan untuk membantu masyarakat yang terdampak ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Sumarsih (45) salah satu penerina manfaat asal Desa Sidoharjo mengaku senang dan bersyukur karena mendapatkan bantuan BLT Dana Desa.

“Alhamdulilah, saya menerima bantuan BLT Dana Desa sehingga dapat meringankan beban saya di masa pandemi Covid – 19 ini,” kata Sumarsih.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa Sidoharjo H Syaiful Anam, Babinsa, perangkat desa dan warga masyarakat penerima manfaat.

Pantauan megapos.co.id, penyaluran bantuan ini tampak berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan 3 M.

Di lokasi, warga penerima manfaat semua memakai masker, begitu pula sebelum memasuki Balai Desa Sidoharjo, mereka (penerima manfaat_red) mencuci tangan yang sudah disediakan panitia dan menjaga jarak.

Reporter : Jumiati