DaerahHead Line NewsHukum & KriminalNganjuk

Gelar Operasi Yustisi, Polsek Patianrowo Bagikan Masker

Nganjuk, megapos.co.id – Polsek Patianrowo menggelar Operasi Yustisi dalam rangka penegakan hukum protokol kesehatan, Rabu (3/11/2021) di Desa Rowomarto, Kecamatan Patianrowo, Kabupaten Nganjuk.

Dalam operasi tersebut, petugas masih saja menemukan warga yang tidak memakai masker.

“Hasil dari pelaksanaan Operasi Yustisi pada hari ini, kami melakukan tindakan terhadap 4 orang yang tidak memakai masker,” jelas Kapolsek Patianrowo AKP Joni Suprapto SH.

Selain itu, kata Kapolsek, pihaknya juga membagikan puluhan masker kepada masyarakat.

“Pembagian masker kita fokuskan di pusat aktivitas masyarakat seperti pasar karena rentan terjadi penyebaran Covid-19,” kata dia.

Kapolsek mengatakan, operasi ini merupakan implementasi Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020, Pergub no 53 tahun 2020 dan Perbup no 35 tahun 2020 tentang Penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid 19 Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan.

“Saya mendapat perintah dari Kapolres untuk melaksanakan Operasi Yustisi meskipun Kabupaten Nganjuk masuk pada PPKM level 1,” tandasnya.

Menurutnya, hal ini penting dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Kami mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat selalu memakai masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan orang sekitar, serta menghindari kerumunan,” bebernya.

Selain memberikan masker gratis, petugas juga mensosialisasikan Perbup Nganjuk No 35 tahun 2020, dan Pergub Jatim No 53 tahun 2020.


Sutarman (43) warga Desa Rowomarto Kecamatan Patianrowo yang terjaring Operasi Yustisi mengaku tergesa-gesa hingga lupa memakai masker.

“Tadi lupa gak pakai masker, karena cepat-cepat mengantar istri belanja di pasar. Pas ada operasi, saya ditegur dan dikasih masker oleh pak Polisi, agar selalu memakai masker saat melakukan aktivitas di luar rumah,,” katanya.

Pantauan megapos.co.id, pelaksanaan kegiatan operasi tersebut berjalan dengan lancar, aman dan tertib.

Reporter : Jumiati