DaerahHead Line NewsHukum & KriminalNganjuk

Hari Pahlawan, Kejari Nganjuk Gelar Aksi Donor Darah

Nganjuk, megapos.co.id – Berbagai kegiatan dilakukan Kejaksaan Negeri (Kejari) Nganjuk untuk memperingati Hari Pahlawan ke-76 tahun 2021.

Kali ini, Kejari Nganjuk menggelar kegiatan aksi donor darah, Kamis (11/11/2021) di Empokan Adhyaksa Kantor Kejari Nganjuk.

Kegiatan aksi donor darah tersebut dihadiri oleh Boma Wira Gumilar, SH.,MH. Kasi Perdata dan Tata Usaha Kejari Nganjuk, Roy Ardiyan Nur Cahya, SH.,MH. Kasi Tindak Pidana Umum pada Kejaksaan Negeri Nganjuk, dan Dicky Andi Firmansyah, SH. Kasi Intelijen pada Kejari Nganjuk.

Lalu, Dedi Irawan, SH., MH., MKn Kasi PB3R pada Kejari Nganjuk, Endah Juni perwakilan Pengurus IAD Daerah Nganjuk, Kepala UDD Palang Merah Indonesia Kabupaten Nganjuk dr. Achmad Noeroel Cholis, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Nganjuk dan para Hakim Pengadilan Negeri Nganjuk serta perwakilan dari Bank Jatim.

Kasi Intelijen Kejari Nganjuk, Dicky Andi Firmansyah, SH mengatakan, aksi donor darah ini, merupakan salah satu bentuk penghargaan dan saling berbagi kepada sesama yang membutuhkan darah.

“Sehingga melalui kegiatan aksi donor darah ini, kita dapat memberikan manfaat dan diharapkan dapat membangkitkan semangat kepedulian dan memperkokoh nilai-nilai kepahlawanan,” terangnya.

Selain itu, kata Dicky, dengan aksi donor darah tersebut, menurut Mental Health Foundation menyebut, donor darah dapat mengurangi stres, meningkatkan persepsi terhadap keadaan emosional yang meliputi kepuasan hidup dan kebahagiaan hidup (emotional well-being), baik untuk kesehatan tubuh, membantu menyingkirkan perasaan negatif, menciptakan rasa saling memiliki dan mengurangi perasaan kesepian (isolation).

Diketahui, sebelum dilakukan pengambilan darah untuk donor, peserta terlebih dahulu harus mengikuti proses screening.

Pada tahapan itu, petugas medis menanyakan sejumlah kriteria pengambilan donor darah seperti menanyakan tensi darah dan syarat-syarat lainnya.

Kriteria khusus untuk melakukan donor darah ini ada penilaian berdasarkan anamesa usia di atas 17 sampai umur usia 65 tahun dengan berat badan di atas 45 kilogram.

Dalam kegiatan ini, diikuti oleh 27 peserta dan memperoleh 27 kantong darah meliputi golongan darah A sebanyak 5 kantong, Golongan darah B sebanyak 14 Kantong, Golongan Darah O sebanyak 8 Kantong dan Golongan Darah AB nihil .

Editor : Jumiati