DaerahHead Line NewsPendidikanPolitik & PemerintahanTulungagung

Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung Bersama PKK Gelar Lomba Cipta Menu Berbasis Ikan, Diikuti Peserta Siswa Sekolah Tingkat SMA/ SMK

Tulungagung, megapos.co.id – Dalam rangka mendukung gerakan ekonomi di Kabupaten Tulungagung utamanya untuk masyarakat ekonomi kreatif sektor perikanan, maka Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung bekerjasama dengan Tim PKK Kabupaten menggelar kegiatan lomba cipta menu berbasis ikan bertempat di aula Dinas Perikanan, Rabu (24/11/2021).

Lomba ini diikuti oleh para peserta terdiri dari perwakilan pelajar tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Tulungagung.

Guru pendamping turut mendampingi siswa-siswi yang mengikuti lomba tersebut.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung Lugu Tri Handoko saat meninjau lomba cipta menu ikan, Rabu (24/11/2021)

Kegiatan perlombaan memasak ikan ini, diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke – 816 Kabupaten Tulungagung Tahun 2021.

Penyelenggarakan lomba memasak berbasis ikan merupakan implementasi program GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) dengan tujuan mendorong peningkatan konsumsi ikan kepada masyarakat di Kabupaten Tulungagung.

“Mari makan ikan, dengan mengkonsumsi ikan sejak dini maka generasi penerus bangsa akan cerdas” adalah tagline yang terus disuarakan oleh Dinas Perikanan Kabupateb Tulungagung untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan bagi masyarakat Tulungagung.

Data yang dihimpun megapos.co.id dari Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung menunjukkan konsumsi ikan oleh masyarakat Tulungagung masih rendah yaitu 32,38 Kg per kapita/tahun dibanding Provinsi Jawa Timur sebesar 38,8 Kg per kapita/tahun, sehingga perluasan informasi tentang pentingnya makan ikan terus dilaksanakan

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung Lugu Tri Handoko mengatakan, upaya peningkatan konsumsi ikan bagi masyarakat tidak bisa dilakukan oleh Dinas Perikaan sendiri, melainkan membutuhkan peran serta berbagai pihak agar tujuan tersebut dapat dicapai dengan mudah.

Menurut Lugu, salah satu upaya peningkatan konsumsi ikan bagi masyarakat adalah melalui promosi edukatif peningkatan konsumsi ikan dalam bentuk lomba masak ikan atau lomba cipta menu ikan tingkat SMA/SMK se- Tulungagung.

“Penyelenggaraan lomba masak merupakan implementasi program Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan),” kata Lugu saat meninjau lomba cipta menu ikan di Aula Kantornya , Rabu (24/11/2021).

Lugu menjelaskan, lomba cipta menu ikan tingkat SMA/SMK se- Tulungagung merupakan program turunan dari pemerintah pusat dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur setiap tahunnya juga mengadakan lomba tersebut.

“Sehingga Pemerintah Daerah melalui Dinas Perikanan harus gayung bersambut karena pemenang lomba di tingkat kabupaten akan diikutkan dalam lomba di tingkat provinsi,” ujarnya.

Dipilihnya tingkat pelajar, lanjut Lugu, karena para pelajar yang masuk kategori pemuda mempunyai kreativitas tinggi keberanian untuk menciptakan kreasi dan inovasi terhadap olahan ikan.

“Kalau olahan ikan itu bermacam-macam akan bisa diterima masyarakat, karena bisa menarik secara penyajian tidak hanya monoton digoreng dan dibakar. Harus diolah, makanya namanya lomba cipta menu, dari yang tidak ada menjadi ada,” jelasnya.

Selain meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat, kata Lugu, lomba cipta menu ikan juga bagian dari mendukung program nasional Gemarikan yang artinya menu sehari-hari yang dikonsumsi masyarakat kalau bisa adalah ikan. Karena ikan mempunyai manfaat yang banyak antara lain mengandung omega 3, sumber protein tinggi, mencegah penyakit jantung, dan sebagainya.

“Dilihat dari data konsumsi ikan, ikan mempunyai potensi yang cukup besar dalam pemenuhan gizi masyarakat maupun dalam mendukung pergerakan ekonomi,” ucapnya.

Lugu juga mengungkapkan, untuk menarik minat para pelajar SMA/SMK se- Tulungagung, pemenang lomba cipta menu ikan akan diberikan hadiah berupa uang pembinaan dan tropi, dan lomba cipta menu ikan direncanakan akan diadakan tiap tahun agar bisa terus menumbuhkan kreativitas dan inovasi dalam olahan ikan.

“Nanti yang menang, akan diikutkan ke lomba tingkat provinsi dan yang menang di provinsi akan diikutkan lomba tingkat nasional. Jadi ini memang program pemerintah pusat yaitu Gemarikan,” imbuhnya.

Lugu menambahkan, adapun tujuan implementasi kegiatan lomba ini adalah di antaranya meningkatkan ketrampilan memasak berbahan baku ikan pada peserta dan edukasi manfaat makan ikan untuk kesehatan dan kecerdasan.

“Selain itu, juga untuk mendorong tumbuh dan berkembangnya usaha kuliner berbasis ikan dan mendorong generasi muda untuk menciptakan lapangan kerja sendiri di bidang kuliner berbasis ikan,” pungkas Lugu.

Di ahir acara, dewan juri menentukan pemenang pada peserta lomba. Pemenang lomba untuk juara 1 dimenangkan oleh MAN 2 Tulungagung, Juara 2 dan 3 dimenangkan oleh SMK Negeri 2 Boyolangu.

Lalu, Juara Harapan 1 SMK Negeri 3 Boyolangu dan Juara Harapan 2 dimenangkan oleh SMA Negeri 1 Rejotangan.

Penyerahan piala kepada para pemenang dilakukan oleh Ketua Tim PKK Kabupaten Tulungagung Siyuk Maryoto Bhirowo diikuti oleh Ibu Wakil Bupati dan Ibu Sekda serta secara simbolis pula Pala diserahkan oleh kepala Dinas Perikanan Tulungagung kepada peserta yang berhasil memenangkan lomba kreasi masaknya.

Reporter : Sudarwanto
Editor : M Hartono