DaerahHead Line NewsHukum & Kriminal

Unggah Berita Hoaks, Kasun Bangle Minta Maaf ke PDI Perjuangan

Jombang, megapos.co.id – Kepala Dusun (Kasun) Bangle, Desa Losari, Jombang, Fiki Fendi meminta maaf kepada PDI Perjuangan selepas mengunggah berita Hoaksdi status Whatsapp.

Permintaan maaf dan klarifikasi ini dilakukan di Kantor DPC PDI Perjuangan Jombang, Minggu (23/01/2022) dan dihadiri oleh Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jombang Doni Anggun, Wakil Ketua DPC Bidang Hukum Amir Hamzah, Kepala BPH AR Bantuan Hukum DPC PDI Perjuangan Jombang serta Kepala Desa Losari Sutrisno.

Dalam klarifikasinya, Fiki mengatakan bahwa motivasi dalam pengunggahan status itu hanya sekedar mengunggah saja.

“Hanya sekedar mengunggah saja, tidak bermaksud menyebar hoaks. Biasanya ada lanjutannya, tapi hp saya diambil anak dan belum sempat melanjutkan,” ujarnya.
Fiki mengaku, pengunggahan itu tidak bermaksud untuk menggiring publik.

Untuk itu, ia memaparkan permintaan maafnya kepada PDI Perjuangan.

“Di sini saya mohon maaf sedalam-dalamnya kepada PDI Perjuangan atas apa yang saya sampaikan atas status saya dan di sini saya tidak ada paksaan dari siapapun,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Desa Losari Sutrisno mengatakan bahwa hal ini menjadi pembelajaran untuknya sebagai contoh masyarakat.

“Sebelumnya saya meminta maaf kepada DPC PDI perjuangan atas hal ini. Ini juga menjadi pembelajaran untuk saya sebagai contoh masyarakat yang harus berhati-hati dalam bertindak, berpikir dan berucap,” ungkap Sutrisno.

Ia melanjutkan akan mengadakan rapat dinas guna mencegah adanya kejadian yang sama.

“Untuk itu besok kami adakan rapat dinas agar tidak terulang kejadian yang sama,” ucapnya.

Setelah menerima permohonan maaf, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Jombang, Doni Anggun berharap agar tidak ada lagi kejadian serupa.

“Semoga ke depan tidak ada lagi hal-hal yang mengatas namakan agama untuk memecah belah kami,” ucapnya.

Lanjut Doni, ia mengatakan bahwa negara Indonesia merupakan negera hukum yang akan menindak tegas para pelakunya.

“Ini pengalaman berharga. Kita ini negara hukum dengan UU ITE. Di mana ketika mengunggah sesuatu, perlu dipikirkan akan menyakiti siapa, apalagi sebuah organisasi atau partai. Jangankan partai, menyakiti seseorang saja juga kena,” tegasnya.

DPC PDI Perjuangan menerima dengan terbuka permintaan maaf dari Kasun Bangle dan berharap agar bisa menjadi pembelajaran ke depan.

“Kami menerima permintaan maaf ini. Terima kasih juga Bapak Kepala Desa sudah menemani hari ini dan Ketua Ranting kami juga mendampingi. Khususnya untuk Mas Fiki Fendi, permintaan maaf ini bisa menjadi pembelajaran untuk jenengan,” katanya.

“Harapannya bahwa hal-hal yang jenengan pikirkan memang benar hanya sekedar missed komunikasi karena negara kita adalah negara Pancasila dan partai kami adalah partai yang menjaga Pancasila sampai detik ini,” pungkasnya.

Reporter : Wisnu