DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Lagi, PWI Nganjuk Gelar Diklat Jurnalistik di SMP Negeri Satu Atap Ngetos

Nganjuk, megapos.co.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Nganjuk kembali menggelar Diklat Jurnalistik untuk tingkat pelajar di SMP Negeri Satu Atap Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Senin (14/2/2022).

Kegiatan yang bertajuk Roadshow Goes to School Diklat Jurnalistik ini diikuti 81 siswa siswi SMP Negeri Satu Atap Ngetos.

Sebagai pemateri dalam diklat tersebut diantaranya KBO Satresnarkoba Polres Nganjuk IPDA Sumari memberikan materi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan Romza wartawan Faktualnews.com menyampaikan materi tentang pengenalan media massa, teknik reportase dan video jurnalis.

Lalu, materi tentang teknik penulisan berita disampaikan Muji Hartono wartawan harian Kora Memo dan materi Tiga Peristiwa Bersejarah di Nganjuk oleh Sukadi wartawan NganjukTV.

Peserta diklat jurnalistik saat praktik wawancara cegat

Ketua PWI Nganjuk, Andik Sukaca mengatakan, kegiatan diklat jurnalistik ini digelar dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional tahun 2022.

“Diklat di SMP Negeri Satu Atap Ngetos kali ini merupakan titik kedua. Sebelumnya, kegiatan yang sama juga kita laksanakan di SMP Negeri 3 Nganjuk,” ungkap Andik.

Tahun 2022, kata Andik, PWI Nganjuk mentargetkan diklat jurnalistik untuk 5 lembaga sekolah di tingkat SMP.

“Semoga, materi-materi jurnalistik yang disampaikan teman-teman PWI Nganjuk hari ini bisa bermanfaat bagi adik-adik di SMP Negeri Satu Atap Ngetos,” imbuhnya.

Selain diklat jurnalistik, lanjut Andik, sejumlah kegiatan peringatan HPN tahun 2022 juga telah digelar, diantaranya kataman quran dan tanam bibit pohon dan tebar bibit ikan.

“Ke depan, kita juga mengagendakan kegiatan deklarasi dan workshop pelopor generasi digital dengan sasaran pelajar tingkat SMA/SMK dan sederajat,” pungkas Andik.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri Satu Atap Ngetos, Ani Sutiani menyambut positif dan berterimakasih kepada PWI Nganjuk yang berkontribusi ilmu jurnalistik di SMP Negeri Satu Atap.

“Kegiatan ini sangat luar biasa, kami mendukung penuh teman-teman PWI Nganjuk yang konsen dan peduli terhadap pendidikan di Nganjuk khususnya di bidang jurnalistik” bebernya.

Ani berharap, dengan kegiatan diklat jurnalistik yang dimotori PWI Nganjuk ini, anak didiknya bisa mengenal media massa dan menggunakan media sosial dengan baik.

“Kegiatan diklat PWI Nganjuk ini sejalan dengan program inovasi SMP Negeri Satu Atap Ngetos yaitu digitalisasi, salah satunya kita akan membuat potcast sekolah,” tegasnya.

Untuk itu, kata Ani, kegiatan diklat ini nantinya bisa mendukung program inovasi SMP Negeri Satu Atap Ngetos.

“Dengan bekal ilmu yang didapat anak didik kita dari kegiatan diklat ini, akan kita terapkan dalam program kegiatan potcast,” tutup ani.

Reporter : Jumiati