Pemdes Tunggangri Launching Eduwisata Kedunglele Prakarsa dari BUMDES Srikandi

Tulungagung, megapos.co.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Tunggangri, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung melaunching Eduwisata Kedunglele.

Sebagai bentuk dibukanya Eduwisata Kedunglele yang diprakarsasi oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Srikandi Desa Tunggangri ini, Pemdes setempat
menggelar acara selamatan bersama warga dan tokoh masyarakat di lokasi bangunan kios yang baru saja selesai pembangunannya bertempat di sebelah selatan Balai Desa Tunggangri, Minggu (20/2/2022).

Hadir pada acara tersebut, Camat Kalidawir Mundiyar dan Sekretaris Camat (Sekcam) Nahrowi, Kepala Desa (Kades) Tunggangri Sri Lailatin beserta jajaran perangkat desa, Bhabinsa /Bhabinkamtibmas, LPM, BPD , Ibu-Ibu PKK, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Camat Kalidawir Mundiyar menyampaikan bahwa dalam mendirikan BUMDes tentunya mempunyai tujuan untuk membantu kesejahteraan dan perekonomian bagi desa.

Diantaranya, adalah neningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa.

“Hal ini bisa diartikan nantinya kios- kios desa di sini bisa dipenuhi penjual dan banyak pengunjung untuk membeli produk yang dijual, sirkulasi keuangan Desa Tunggangri harus terus bergulir di dalam desa,” kata Mundiyar.

“Kalau bisa pengunjung dari luar desa masuk ke Desa Tunggangri sehingga banyak income yang masuk ke Desa Tunggangri,” ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pembanguan ekonomi harus dimulai dari desa dengan mengedepankan ekonomi kerakyatan. Tentu harapannya pertumbuhan BUMDdes ini harus menjadi pilar terdepan untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya sendiri.

“Pembangunan ekonomi bukan dari kota ke desa, melainkan harus mengembangkan dari desa ke kota, itu yang disebut dengan ekonomi kerakyatan,” imbuhnya.

Camat berharap, BUMdes Srikandi Desa Tunggangri ini akan menjadi ikon pertumbuhan ekonomi desa. “Karakter potensi desa harus dikembangkan dengan pola ekonomi,” pungkasnya.

KadesTunggangri, Sri Lailatin berharap dengan dibukanya Eduwisata yang juga menyediakan sejumlah 9 Kios desa yang nantinya bisa di manfaatkan untuk menjajakan kuliner bisa berkembang positif ke depannya.

“Dengan diresmikannya Eduwisata Kedunglele pada hari ini Minggu (20/02/2022) yang tanggal bulan dan tahunnya cantik diharapkan nantinya Eduwisata ini bisa berkembang sesuai harapan kami,” harapnya.

Acara diakhiri dengan selamatan dan doa bersama yang dipimpin oleh Mbah Murlan selaku tokoh yang disepuhkan oleh masyarakat setempat. Dan acara makan bersama sebagai bentuk rasa kebersamaan antara warga.

Reporter : Sudarwanto