Vaksinasi Booster di Bulan Ramadan, Sasar Warga Ngabuburit

Nganjuk, megapos.co.id – Vaksinasi Covid-19 terus digencarkan Polres Nganjuk selama bulan Ramadan. Gerai vaksin didirikan di seputaran Alun-Alun Nganjuk, tepatnya di depan Polsek Nganjuk Kota, untuk menyasar warga melaksanakan ngabuburit atau mencari takjil di lokasi tersebut.

“Kami memang sengaja mendirikan gerai vaksin Covid-19 di wilayah yang ramai dengan aktivitas masyarakat menjelang waktu berbuka puasa, termasuk salah satunya di seputar alun-alun,” kata Kaurkes Polres Nganjuk AKP H. Abdul Hamid, Sabtu (9/4/2022).

“Antusiasme masyarakat cukup tinggi, terlebih karena kami terus memberi edukasi bahwa vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa sebagaimana fatwa yang telah diberikan oleh Majelis Ulama Indonesia,” tuturnya.

Sebelum mendapat suntikan vaksin Covid-19, peserta terlebih dahulu mendaftarkan diri dan mengikuti alur pemeriksaan kesehatan seperti screening, pengecekan suhu badan yang harus dibawah 37,5°, dan pengecekan tekanan darah yang harus dibawah 180/110 mmHg.

AKP H. Abdul Hamid mengatakan vaksinasi selama bulan Ramadan ini terus dilakukan dalam rangka mensukseskan program pemerintah yakni vaksinasi serentak guna menekan laju penyebaran Covid-19.

“Selain itu, vaksinasi yang dilakukan khususnya vaksin dosis 3 (booster) juga menjadi syarat bagi masyarakat yang hendak melaksanakan mudik Lebaran. Dengan adanya gerai vaksin ini, masyarakat sangat terbantu untuk mendapatkan vaksin booster,” tambahnya.

Sementara itu Kapolsek Nganjuk Kota Kompol Burhanudin, S.Sos saat dikonfirmasi berharap, semoga dengan banyaknya warga masyarakat yang telah divaksin, akan segera terbentuk herd immunity di tengah masyarakat. Sehingga kasus positif Covid-19 saat bulan Ramadan dan mudik Lebaran nanti dapat mengalami penurunan. (**)

Editor : Jumiati