PSI Kabupaten Pasuruan Turut Serta dalam Giat Pengamanan Jelang Mudik Lebaran 2022

Pasuruan, megapos.co.id – Menjelang hari raya Idul Fitri, geliat pemudik mulai terasa. Pantauan di sejumlah jalan dan TOL mulai menampakan kenaikan jumlah kendaraan yang keluar dari Jakarta.

Mengantisipasi hal tersebut, di sejumlah tempat telah dilaksanakan kegiatan pengamanan arus mudik.

Di antaranya kegiatan pos pengamanan mudik di Kabupaten Pasuruan, antara lain pos pengamanan perempatan Taman Dayu Pandaan, pos pengamanan Alun-alun Bangil, pos pengamanan pertigaan Prigen-Trawas dan sejumlah pos pengamanan lainnya.

Hal ini dicermati Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Pasuruan. Pada pelaksanaan pos pengamaanan tahun 2022 ini, PSI berkesempatan bersama beberapa elemen masyarakat, seperti Ansor, Banser, Pagar Nusa dan sebagainya, turut serta mempersiapkan pos keamanan yang representatif dan siap mengantisipasi keamanan menjelang Lebaran.

Hal ini terlihat dari kesigapan ketua PSI Kabupaten Pasuruan Bro William Roy, yang ditemui awak media pada Rabu malam 27 April 2022 di pos pengamanan Perempatan Taman Dayu, Pandaan.

“Kami tetap bekomitmen untuk hadir dan kerja bagi masyarakat, termasuk dalam upaya memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam melaksanakan ibadah puasa serta persiapanan menjelang mudik Lebaran tahun ini,” ungkap Bro Willy, sapaan akrab Ketua PSI Kabupaten Pasuruan.

“Pengadaan pos-pos pengamanan ini sejatinya ingin memberikan rasa aman bagi para pemudik dan masyarakat setempat yang tidak melakukan perjalanan mudik Lebaran, namun masih melakukan perjalanan lokal mengunjungi sanak keluarga,” lanjut Bro Willy.

Terpisah, Kapolres Pasuruan AKBP Erick Frendriz mengatakan, pos pelayanan (posyan), pos pengamanan (pospam), dan pos pemantauan (pospan) sudah berdiri di berbagai lokasi.

“Memang, momen mudik Lebaran belum benar-benar tiba waktu puncaknya. Tapi, Polres Pasuruan telah mengantisipasinya,” ungkap Kapolres.

Menurut AKBP Erick, gelombang pemudik yang melakukan perjalanan pulang kampung telah mulai terlihat di beberapa kota. Posyan, pospam, dan pospan sudah siap.

“Keberadaan pos-pos itu bertujuan untuk memberi pelayanan kepada para pemudik. Agar mereka aman dan nyaman selama perjalanan. Di dalam pos-pos tersebut, disiapkan beberapa fasilitas. Mulai tempat istirahat, sarana vaksinasi, dan fasilitas-fasilitas lain,” kata Kapolres.

Erick menyebutkan, setidaknya, ada 13 pos yang didirikan selama Lebaran tahun ini. Masing-masing 1 posyan, 7 pospam, dan 5 pospan.

“Posyan didirikan di Taman Dayu Pandaan. Pospam tersebar di Bangil, Gempol, Cimory Land, Prigen, Purwodadi, dan Tosari, serta Pos Terpadu di Taman Dayu. Pospan disiapkan di Sidowayah, Stasiun Bangil, Taman Safari, serta Purwosari dan Kejayan,” imbuhnya.

Sedangkan menurut Gus Hamzah Pujiono calon Bupati 2024 bersama tim Segitiga Emas nya mengatakan pada awak media bahwa, turut sertanya PSI Kabupaten Pasuruan dalam giat pengamanan jelang mudik Lebaran 2022 patut diapresiasi dan bisa ditiru partai-partai. (**/Red).