BlitarDaerahHead Line NewsHukum & Kriminal

BNNK Blitar Gelar Workshop Pencegahan Dini Peredaran dan Pemakai Narkoba

Blitar, megapos.co.id – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Blitar menggelar workshop pencegahan dini peredaran dan pemakai narkoba di Kabupaten/Kota Blitar, Rabu (8/6/22) siang di Joglo Kampung Coklat, Kademangan Kabupaten Blitar.

Kegiatan yang dihadiri langsung Kepala BNN Kabupaten Blitar AKBP Bagus Hari, juga mengundang narasumber dari Ketua Komisi 1 Kabupaten Blitar, Muharom Sulistyo, Kasat Binmas Polres Blitar dan Kasat Narkoba Polres Blitar Kota.

Hadir pula Bhabinkamtibmas Polres Kota dan Kabupaten Blitar.

Dalam kesempatan itu, Kepala BNN Blitar AKBP Bagus Hari menyampaikan terimakasih kepada narasumber yang telah hadir dalam rangka workshop untuk pencegahan dini narkoba di masyarakat Blitar, dengan dihadiri Bhabinkamtibmas Polres Kota dan Kabupaten Blitar sebagai ujung tombak yang langsung terjun di masyarakat setiap harinya.

“Karena jika dilihat dari prevalensi (tingkat pengguna), peredaran narkoba di kabupaten/kota di Jawa Timur ini masih tergolong cukup tinggi jika dibandingkan propinsi yang lain,” terang AKBP Bagus Hari.

Untuk itu, melalui Workshop ini, kata Bagus Hari, pihaknya mengajak kepada aparat penegak hukum dalam hal ini Bhabinkamtibmas dalam rangka pencegahan dini penggunaan dan peredaran gelap narkoba di Blitar, khususnya di wilayah desa mereka masing-masing.

Lebih lanjut Bagus mengatakan, selain hal tersebut, kegiatan ini juga bertujuan menciptakan Blitar, khususnya Kabupaten Blitar ini bersih dari narkoba (Kotan).

“Kita juga bekerja sama dengan kelurahan dan desa untuk menjadikan wilayah tersebut sebagai desa Bersih dari Narkoba (desa Bersinar). Ada 1 Kelurahan dan 2 desa yang saat ini kita gandeng untuk menjadi desa Bersinar, yaitu Kelurahan Kanigoro, Desa Penataran, dan Desa Kalipucang,” bebernya.

Selain itu, lanjut Bagus Hari, juga konsen bekerjasama dengan sekolah-sekolah baik SMP maupun SMA/SMK yang ada di Kabupaten Blitar ini untuk memberikan wawasan terkait efek dari narkoba, agar bisa tercipta lingkungan atau daerah yang bebas dari narkoba

Sementara itu, Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Blitar, M Sulistyo yang hadir sebagai narasumber, ditemui terpisah mengatakan, ini menjadi keprihatinan dewan karena cukup tingginya peredaran narkoba di Kabupaten Blitar.

“Karena harapan kita, Kabupaten Blitar ini bisa bersih dari narkoba. Apalagi kita sudah mempunyai perda terkait hal itu,” tandasnya.

Dengan kegiatan ini, lanjut Bagus Hari, yang langsung melibatkan Bhabinkamtibmas, agar dapat memberikan sosialisasi kepada masyarakat di wilayahnya terkait bahaya narkoba, dengan harapan bisa mencegah penggunaan dan peredaran narkoba di wilayah Blitar, khususnya Kabupaten Blitar.

“Sehingga kedepannya kita bisa mewujudkan daerah yang bersih dari narkoba dan masa depan generasi muda kita akan menjadi baik dan mampu menjadi penerus untuk lebih memajukan negara bangsa,” urai Sulistyo.

Reporter : Ayu