DaerahHead Line NewsHukum & Kriminal

Pembangunan Saluran Irigasi di Desa Sembung Diduga Tidak Transparan

Jombang, megapos.co.id – Pembangunan proyek saluran irigasi di Desa Sembung Kecamatan Perak Kabupaten Jombang ini keberadaannya patut dipertanyakan.

Pasalnya, proyek yang baru selesai pengerjaannya kuranglebih satu minggu ini tidak ada papan nama maupun prasasti di lokasi bangunan irigasi tersebut.

Padahal papan nama ataupun prasasti wajib dipasang di lokasi pembangunan proyek yang dibiayai oleh uang rakyat. Dengan adanya papan nama masyarakat bisa mengetahui besaran anggarannya dan volume pekerjaannya, juga sumber dananya.

Saat megapos.co.id melihat langsung di lokasi pembangunan proyek irigasi yang sudah selesai dikerjakan, Kamis (21/7/2022), terlihat tidak ada papan nama maupun prasasti di lokasi bangunan tersebut.

Terpantau pasangan batu terlihat tidak beraturan dan bolong-bolong juga tidak diaci. Plesteran kasar tidak dihaluskan.

Salah satu warga yang berada di lokasi bangunan irigasi tersebut, saat diminta tanggapannya mengatakan, bangunan irigasi ini baru saja selesai dikerjakan kurang lebih baru satu mingguan.

“Ini bangunan sumber dananya dari mana ya. Kelihatannya seperti asal jadi saja. Padahal kami masyarakat juga perlu tahu,” tutur petani yang tidak mau menyebut namanya itu.

Sementara itu, Kepala Desa Sembung tidak ada di kantornya saat akan dimintai konfirmasi terkait pembangunan saluran irigasi. Namun salah perangkat desa menyebut, bangunan saluran irigasi baru seminggu jadi, dan untuk papan nama juga prasasti masih dipesan.

“Proyek tersebut dari dana ketahanan pangan yang bersumber dari dana desa. Terkait anggaran yang digelontorkan pean bisa lihat banner APBDes,” katanya. (Tim)

Editor : M. Hartono