DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

HUT ke-54 SMK Negeri 1 Nganjuk, Plt Bupati Nganjuk Berangkatkan Peserta Jalan Santai Kreasi

Nganjuk, megapos.co.id – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-54, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Nganjuk menggelar jalan santai dan gelar karya, Sabtu (12/11/2022).

Peserta jalan santai diberangkatkan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi didampingi Kepala SMK Negeri 1 Nganjuk, Heru Hertanto.

Hadir pula dalam acara tersebut, Ketua Komite dan anggota, Forkopimcam Nganjuk, Kepala Kelurahan Kauman.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengucapkan selamat dan sukses HUT ke-54 SMK Negeri 1 Nganjuk.

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi didampingi Kepala SMK Negeri 1 Nganjuk, Heru Hertanto saat meninjau stand pameran

“Semoga, anak-anak SMK Negeri 1 Nganjuk menjadi generasi yang cerdas, berprestasi dan bermental juara,” harap Kang Marhaen sapaan akrab Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi.

“Karena, DNA kita adalah DNA pemenang karena kita dilahirkan di bumi Anjuk Ladang yaitu tanah kemenangan,,” terangnya.

Dijelaskan Kang Marhaen, bahwa banyak cara menuju kesuksesan setelah lulus dari SMK.

“Anak-anak bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, seperti jalur kedinasan. Saat ini, banyak juga perguruan tinggi yang memberikan fasilitas berupa beasiswa,” bebernya.

Selain itu, kata Kang Marhaen, setelah lulus SMK, anak-anak juga bisa langsung kerja atau berwirausaha, salah satunya menjadi pengusaha.

“Untuk itu, anak-anakku semua jangan patah semangat, karena semua bisa dibeli kecuali semangat,” tandasnya.

Menurut Kang Marhaen, sebagai orang tua dan pihak sekolah hanya bisa mendukung akan tetapi sukses tidaknya seseorang tergantung pada diri sendiri bukan orang lain.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Nganjuk, Heru Hertanto mengatakan, dalam puncak peringatan HUT ke-54 SMK Negeri 1 Nganjuk ini, pihaknya menggelar jalan santai kreasi hebat dan pameran hasil karya siswa siswi SMK Negeri 1 Nganjuk.

“Dalam pelaksanaan pameran ini, anak-anak semua ikut terlibat bergotong royong antar individu, hal ini salah satu wujud sekaligus implementasi penguatan profil Pelajar Pancasila,” terang Heru.

Dijelaskan Heru, kegiatan pameran atau gelar karya ini, selain sebagai wadah menampilkan kreativitas juga untuk memotivasi anak untuk membuat inovasi dan berkarya.

“Untuk pameran atau stand bazar kali ini, sedikit berbeda dengan bazar-bazar pada umumnya. Karena stand bazar SMK Negeri 1 Nganjuk ini mengambil tema kebhinekaan,” urainya.

Heru mencontohkan, jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listril (TITL) mengusung tema Bali, sedangkan jurusan Geomatika mengambil tema Toraja dan sebagainya.

“Saya berharap, anak-anak SMK Negeri 1 Nganjuk tidak hanya sukses di bidang kompetensi, akan tetapi juga sukses di bidang yang lain,” tandasnya.

Karena, menurut Heru, ada potensi dan talenta yang tersembunyi di setiap anak, seperti talenta di bidang seni ataupun olahraga.

“Jadi, ini menjadi tugas orang tua dan guru di sekolah untuk menggali potensi pada diri anak didik yang tersembunyi, yang mungkin bisa setara maupun lebih hebat dari kompetensi jurusannya,” tutup Heru.

Penyerahan penghargaan kepada siswa berprestasi

Waka Kesiswaan, Harjo menambahkan, selain jalan santai kreasi dan pameran hasil karya siswa, untuk memeriahkan HUT ke-54 SMK Negeri 1 Nganjuk juga digelar berbagai lomba, seperti lomba bola voli dan futsal antar SMP se-Kabupaten Nganjuk.

“Lalu, ada lomba Catur tingkat SD dan SMP serta acara Sholawatan yang digelar pada 8 November 2022 di lapangan Kartoharjo, Kecamatan/Kabupaten Nganjuk,” tambahnya.

Diketahui, sebelum pemberangkatan jalan santai kreasi, Plt Bupati Nganjuk didampingi Kepala SMK Negeri 1 Nganjuk berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada siswa siswi berprestasi.

Diantaranya, peraih juara 1 putri, juara 1 putra dan juara 3 putra di ajang kejuaraan Bulutangkis antar pelajar se-Kabupaten Nganjuk Piala Adhyaksa Kejaksaan Negeri Nganjuk 2022.

Lalu, penghargaan juga diberikan kepada Zulfikar Husein peraih juara 1 lomba Autocad Nasional Online Competition Universitas Negeri 11 Maret, juara harapan 2 Autocad Skill Competetion se-Jawa Bali Unibersitas Negeri Surabaya dan peraih medali of Excellence peringkat kelima Lomba Kempetensi Siswa (LKS) tingkar nasional tahun 2022 bidang lomba Cad Building Information Modelling.


Reporter : Jumiati