Kepala Dinas Lingkungan Hidup Madiun Serahkan Penghargaan kepada Pemenang Lomba Bank Sampah

Madiun, megapos.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun mengumumkan pemenang Lomba Bank Sampah Tingkat Kabupaten Madiun Tahun 2022.

Penyerahan penghargaan kepada pemenang Lomba Bank Sampah dilakukan oleh Kepala Kepala Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun, Ir Edy Bintardjo MTP, Senin (28/11/2022) di Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun.

Dalam kesempatan itu, Kepala Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun, Ir Edy Bintardjo MTP mengatakan, dengan adanya Lomba Bank Sampah, diharapkan menjadi motivasi bagi masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan sekitar, dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan banyaknya desa yang membuat Bank Sampah berarti sampah yang di TPK semakin kecil,” terang Edi.

Diakuinya, permasalahan sampah tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, akan tetapi menjadi tanggungjawab seluruh masyarakat.

“Permasalahan sampah dari waktu ke waktu perlu mendapatkan perhatian, maka perlu pengelolaan sampah, tidak sekadar menjaga kebersihan,” tuturnya.

Menurutnya, pengelolaan lingkungan hidup itu di antaranya dengan cerdas mengelola sampah dan kepedulian terhadap lingkungan, dimulai dari individu, kemudian dibiasakan dalam keluarga, lalu meluas di lingkungan masyarakat, sekolah, juga perkantoran.

“Dalam rangka meningkatkan gerakan pengelolaan sampah, maka kegiatan ini harus rutin dilaksanakan,” tandasnya.

Adapun hasil lomba tersebut, diantaranya
Juara 1 Bank Sampah Mentari Desa Teguhan Kecamatan Jiwan, Juara 2 Mentari Desa Dagangan Kecamatan Dagangan dan juara 3 Bank Sampah Tiron Maju Asri Dua
Desa Tiron Kecamatan Madiun.

Lalu, juara harapan 1 Bank sampah Sido Asri Desa Sidorejo Kecamatan Mejayan, Juara harapan 2 Bank Sampah Sido Lancar Desa Sidomulyo Kecamatan Wonoasri dan
Juara harapan 3 Bank sampah Seneng makmur 1 Desa Mojorejo Kecamatan Kebonsari.

Selanjutnya, peringkat 7 Bank Sampah Melati Desa Mojorayung Kecamatan Wungu,
Peringkat 8 Bank Sampah Kenanga 1 Desa Morang Kecamatan Kare, peringkat 9 Bank Sampah Jati Asri Desa Ngengor Kecamatan Pilangkenceng dan peringkat 10 Bank Sampah Mentari 3 Desa Warurejo Kecamatan Balerejo. (Adv/ Pras)