Jelang Nataru, Perajin Bambu Asal Magetan Kebanjiran Order

Magetan, megapos.co.id – Rupanya, perayaan natal dan tahun baru membawa berkah tersendiri buat Rusmin, perajin bambu asal RT 02/RW 04 Dusun Ngeleng Desa Baleasri Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Betapa tidak, kerajinan bambu bikinan Rusmin ini yang biasanya dikirim ke daerah Tulungagung, Kediri, Sidoarjo, Pasuruan, bahkan ke Kudus dan Demak, kini merambah ibukota Jakarta.

“Yang banyak orderan itu anyaman tempat buah, atau biasa sebagai wadah parsel. Kemarin saya dapat pesana dari Jakarta, katanya untuk persiapan natal dan tahun baru,” ujar Rusmin saat ditemui megapos.co.id di tempat usahanya, Rabu (21/12/2022).

Selain tepat buah, lanjut Rusmin, dia juga memproduksi kerajinan tangan atau handicraft lainnya, misalnya souvenir dan pernak pernik lain. Dalam memproduksi kerajinan tangan itu, Rusmin mengaku tidak sendiri. Namun dia mempekerjakan beberapa karyawan.

“Kalau hasil produksi setiap harinya, itu tergantung karyawan. Soalnya ini kan sistem kerjanya borongan, jadi nggak pasti minimal satu hari paling juga itu 50 pcs dapat per orangnya,” kata Rusmin.

“Karena sistem borongan, jadi dibawa pulang. Kalau sudah jadi baru dibawa sini lagi. Jadi, dari sini ambil bahan nanti lalu dikerjakan di rumah oleh para karyawan,” sambungnya.

Ketika ditanya apakah menggunakan jasa pengirian ketika pesanan sudah jadi, Rusmin mengatakan itu tergantung dari kesepakatan di awal. “Semisal pebeli minta dikirim, ya kita layani. Tentunya tambah ongkos kirim,” sebutnya.

Reporter : Supari
Editor : Hartono