DaerahHead Line NewsNganjukPendidikanPolitik & Pemerintahan

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, FOSKAM Nganjuk Gelar Seminar Pendidikan Muhammadiyah

Nganjuk, megapos.co.id – Forum Silaturahmi dan Komunikasi Kepala Sekolah Muhammadiyah (FOSKAM) Kabupaten Nganjuk menggelar Seminar Pendidikan Muhammadiyah.

Kegiatan yang mengambil tema “Peran Guru dalam Memajukan Pendidikan Muhammadiyah” ini, digelar pada Kamis (5/1/2023) di Pendapa KRT Sosrokoesoemo, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk.

Seminar pendidikan ini, dimaksudkan untuk membangun guru Muhammadiyah Kabupaten Nganjuk agar mampu meningkatkan kualitas pendidikannya dan menjadi pendidik yang berkualitas sehingga mampu memajukan sekolah Muhammadiyah, beradaptasi dan bersaing dengan negara-negara maju lainnya.

Dalam acara ini, menghadirkan tiga pemateri yaitu Ketua Forun Guru Muhammadiyah (FGM) Jawa Timur, Dr. H. Pahri, S.Ag, MM memberikan materi tentang Membangkitkan Semangat guru dan karyawan memajukan AUM dan Plt Bupati Nganjuk, Drs., H. Marhaen Jumadi SE., SH., MM., M.Ba menyampaikan materi tentang Menciptakan Guru Sebagai Agen Perubahan dalam menciptakan generasi yang Unggul dan Berdaya saing Global.

Lalu, Ketua Majelis Disdasmen PWM Jawa Timur, Dr Hj Arbaiyah Yusuf, M.A memberikan materi tentang Visi Sekolah Muhammadiyah Unggul dan Berkemajuan.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi mengungkapkan, kualitas pendidikan yang baik adalah bagaimana jalinan komunikasi antara guru dengan anak didiknya.

Plt Bupati Nganjuk yang akrab disapa Kang Marhaen ini, juga menjelaskan bahwa setiap anak memiliki keunikan.

“Jadi, kita sebagai orang tua dan guru tidak perlu membanding-bandingkan kecerdasan ataupun kemampuan setiap anak. Karena setiap anak memiliki kelebihan dan skill yang berbeda-beda” imbuhnya.

Ketua Majelis Dikdasmen PDM Kabupaten Nganjuk, Drs Yoyon Soepyangat menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk yang telah mensupport berjalannya seminar ini.

“Alhamdulillah kita bisa menggelar seminar pendidikan di Pendapa Kabupaten Nganjuk. Semoga, ke depan, Muhammadiyah bisa terus bersinergi dengan Pemkab Nganjuk,” tandas Yoyon.

Ia juga berharap, hal ini bisa menjadi motivasi Muhammadiyah untuk bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Nganjuk.

Sementara iti, Sekretaris FGM Kabupaten Nganjuk, Andik Joko S SPd mengatakan, seminar pendidikan ini, diikuti 400 orang peserta, terdiri dari 300 orang guru dan karyawan Amal Usaha Muhammadiyah Nganjuk dan 100 orang guru dan karyawan Amal Usaha Aisyiyah Nganjuk.

“Dengan kegiatan ini, diharapkan guru Muhammadiyah memiliki wawasan bagaimana menjadi guru yang profesional, menemukan sosok guru ideal, menerapkan model dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik,” terang Andik yang juga Kepala SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk.

Selain itu, katanya, guru juga diharapkan mampu menciptakan suasana pembelajaran di kelas yang menyenangkan serta menjadi guru yang berkomitment dan loyal terhadap tempat kerja dan persyarikatan.

“Jadi, seminar pendidikan ini sangat penting
untuk memastikan kesiapan Sekolah Muhammadiyah dalam menangkap peluang yang ada di era global, salah satunya dengan memperasiapkan SDM guru yang professional dan handal,” tutup Andik.

Editor : Jumiati