DaerahHead Line NewsPendidikan

SDN Blawirejo Kedungpring Lamongan Lakukan
Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius Siswa

Lamongan, megapos.co.id – Guna membentuk karakter religius siswa, SDN Blawirejo Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan melakukan pembiasaan melalui penanaman kegiatan-kegiatan keagamaan.

Hal itu diungkapkan oleh M. Syahid, S.Pd.I.,M.Ag Kepala SDN Blawirejo Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan saat ditemui Mega Pos di ruangannya, Rabu (15/2/2023).

Dia menjelaskan, kegiatan-kegiatan keagamaan itu di antaranya penanaman nilai ibadah, nilai keteladanan, dan nilai amanah (tanggung jawab).

“Penanaman nilai ibadah itu meliputi kegiatan ibadah salat dhuha berjamaah setiap hari di sekolah,” ujarnya.

Sedangkan proses penanaman nilai keteladanan, lanjut M. Syahid, yaitu dengan cara melibatkan para guru sebagai bentuk wujud keteladanan.

Kegiatan itu di antaranya membaca surah-surah pendek Al-Qurˈan (juz 30) dan pembacaan Asmaul Husna sebelum pembelajaran dimulai.

“Jadi ketika guru masuk kelas sebelum memberikan materi pelajaran, murid-murid diajak membaca surah-surah pendek,” imbuhnya.

Untuk proses penanaman nilai amanah (tanggung jawab) pada siswa melalui kegiatan keagamaan dengan memberi siswa rasa tanggungjawab yang dilaksanakannya.

“Atau diterapkan dalam kegiatan keagamaan di antaranya kegiatan hafalan juz 30 dan pembiasaan membaca surah Yasin pada hari Jumat,” tutupnya. (Adv/den)