DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

SMPN 2 Pace Berhasil Raih Juara 2 dalam Turnamen Catur Tingkat Kabupaten

Nganjuk, megapos.co.id – Setelah meraih juara 2 pada turnamen catur tingkat kabupaten tahun 2021, SMPN 2 Pace bertekad menjadi nomor satu dalam olahraga otak ini.

Hal itu disampaikan Waka Kesiswaan SMPN 2 Pace, Nur Ali S. Pd, Rabu (01/03/2023) saat konferensi pers bersama Wakhit Asrul sebagai pendamping di aula SMPN 2 Pace.

Kepada puluhan wartawan, Nur Ali mengatakan, pada tahun 2021 lalu SMPN 2 Pace mendapatkan gelar juara 2 dalam turnamen catur tingkat Kabupaten Nganjuk. Gelar juara 2 itu diraih oleh siswi yang bernama Higinis Giri Pratiwi, yang sekarang melanjutkan sekolah di jenjang SMA.

“Catur adalah olahraga yang juga menguras tenaga, terutama otak. Dari 50 siswa lebih perwakilan dari sekolah masing-masing, SMPN 2 Pace mendapatkan gelar juara 2 pada turnamen catur tersebut,” ungkapnya.

Menurut Nur Ali, kemenangan tersebut tentunya tidak lepas dari latihan-latihan yang dilakukan oleh siswi, dan juga pembinaan yang dilakukan oleh para guru SMPN 2 Pace.

“Untuk catur supaya selalu bertahan, dan dapat meraih juara 1, SMPN 2 Pace akan mendatangkan atlet-atlet catur dari luar, untuk memberikan pembinaan. Tahun ajaran 2023/2024 atlet catur dari SDN Banaran 2 akan mendaftar ke SMPN 2 Pace,” ujar Nur Ali.

Sementara itu, Kepala SMPN 2 Pace, Ani Sutiani saat dicegat wartawan di depan ruangannya mengatakan, sebelum lomba dilaksanakan para atlet catur SMPN 2 Pace berlatih secara maksimal.

“Persiapannya anak-anak secara rutin ikut latihan pada ekstra kurikuler catur ketika akan lomba. Maka latihan ini intensitasnya ditambah, serta dilakukan pembinaan secara intensif sesuai dengan kebutuhan kesiapan anak dan gurunya untuk mempersiapkan lomba-lomba yang diikuti,” papar Ani Sutiani.

Mereka berharap agar seterusnya SMP ini mendapatkan gelar juara dalam turnamen catur. Hebatnya, bukan hanya juara dalam turnamen catur, tetapi SMPN 2 Pace juga juara dalam lomba silat putra – putri.

Ani menjelaskan, untuk saat ini di bidang akademik, SMPN 2 Pace masih belum bisa mendapatkan juara, tetapi mereka akan berusaha merebut piala dalam lomba akademik nantinya.

“Sebelum lomba akademik dilakukan, kami terus melakukan pembinaan terhadap siswa yang berprestasi, menyaring siswa – siswi yang berprestasi di setiap kelas,” tutupnya.

Reporter : Kelompok 4
Editor : M. Hartono

 

1. Nabila Naswa Azzahra
2. Neysifa Tri Wulandari
3. Icha Noer Rahmawati
4. Novia Silva Nuraini
5. Fahmida Saista Nafisa
6. Desi Nur Azizah
7. Kayanya Syafira Adristi
8. Faridha Putri Syahriyana
9. Renno Ilham Revaldo
10. M. Rangga Ardiansyah