DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Titik Kedua, PWI Nganjuk Gelar Diklat Jurnalistik di SMPN 1 Berbek

Nganjuk, megapos.co.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Nganjuk kembali menggelar diklat jurnalistik di tingkat pelajar SMP.

Diklat titik kedua ini, digelar di SMP Negeri 1 Berbek, Kabupaten Nganjuk, pada Rabu (8/3/2023).

Hadir dalan acara tersebut, Kepala SMP Negeri 1 Berbek, Iik Yariani, Ketua PWI Kabupaten Nganjuk, Andik Sukaca dan pengurus PWI Kabupaten Nganjuk.

Diklat diikuti 43 peserta siswa siswi SMP Negeri 1 Berbek, terdiri dari perwakilan OSIS, kelas dan ekstrakurikuler.

Peserta diklat diberikan materi tentang jurnalis televisi yang disampaikan Agus Karyono, Wartawan Akurasinews.com dan materi teknik penulisan berita oleh Panji Lanang Satriadin, Wartawan matakamera.net.

Kepala SMP Negeri 1 Berbek, Iik Yariani mengungkapkan, kegiatan diklat ini diikuti oleh siswa siswi SMP Negeri 1 Berbek yang memiliki semangat dan potensi SDM yang baik.

Suasana praktik wawancara cegat

“Anak-anak yang mengikuti diklat hari ini adalah anak-anak pilihan dan terbaik di SMP Negeri 1 Berbek,” katanya.

Iik berharap melalui kegiatan tersebut, anak didiknya dapat mengembangkan kemampuan menulis, khususnya di bidang karya jurnalistik.

“Diklat jurnalistik ini diharapkan dapat memberikan bekal siswa dalam menulis yang nanti bisa dikembangkan menjadi sebuah karya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Nganjuk, Andik Sukaca menuturkan, kegiatan diklat jurnalistik pertama kali dilaksanakan oleh PWI Kabupaten Nganjuk yaitu di SMP Negeri 1 Berbek.

“Enam tahun yang lalu, pertama kalinya kita melaksanakan kegiatan diklat di SMP Negeri 1 Berbek,” ucapnya.

Di tahun 2023 ini, kata Andik, SMP Negeri 1 Berbek kembali mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah kegiatan diklat.

“Semoga, adik-adik SMP Negeri 1 Berbek bisa mengikuti diklat dan menyerap semua ilmu yang disampaikan oleh PWI Nganjuk,” imbuhnya.

Dijelaskannya, peserta diklat diberikan pengetahuan tentang teknik wawancara hingga menulis berita. Tak hanya teori, peserta diklat juga mempraktikannya.

“Di akhir acara, peserta diklat mendapat tugas dari tim PWI Nganjuk yaitu menulis dan mengirim berita,” tandasnya.

Masih menurut Andik, kegiatan diklat jurnalistik ini, digelar dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 PWI.

Selain diklat, lanjutnya, juga telah digelar berbagai acara seperti tasyakuran, bakti sosial pengobatan gratis dan vaksinasi Covid-19 serta Lomba Presenter Gen-Z.

“Kita juga mengadakan kegiatan penanaman 5000 pohon, Lomba Video Pendek dan sebagainya,” tukas Andik.

Reporter: Jumiati