DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Rapat Paripurna DPRD Tulungagung Penyampaian Rekomendasi DPRD Atas LKPJ Bupati Akhir Tahun 2022

Tulungagung, megapos.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulungagung mengadakan Rapat Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tulungagung Akhir Tahun Anggaran 2022, di Ruang Graha Wicaksana, pada Selasa, (18/4/2023).

Paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Tulungagung Marsono, S.Sos., di lantai 2 Graha Wicaksana gedung setempat, Selasa (18/4/2023).

Adapun untuk Penyampaian rekomendasi DPRD atas LKPJ Bupati akhir TA 2022, kata Marsono, akan disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Drs. Ali Masrup.

Dalam Rapat Paripurna tersebut, ada beberapa rekomendasi dari DPRD Tulungagung kepada Bupati Tulungagung untuk ditindaklanjuti kepada OPD guna meningkatkan pelayanan masyarakat.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengatakan dalam rekomendasi DPRD atas LKPJ Bupati TA 2022 itu secara umum pihaknya telah melakukan pembahasan secara intens melalui komisi-komisi dan Badan Anggaran.

Catatan dan rekomendasi DPRD bahwa LKPJ Bupati Tulungagung akhir TA 2022 sudah berjalan baik, namun terhadap kegiatan tertentu yang realisasinya masih belum mencapai target perlu untuk diperhatikan dan ditindaklanjuti secara serius,” kata Ali dihadapan hadirin rapat paripurna.

Seperti halnya di sektor pendidikan, rehabilitasi ruang kelas sarana dan prasarana pengadaan mebel sekolah realisasinya masih 0 persen, pengelolaan Dana BOS Sekolah Menengah Pertama (SMP) realisasinya masih juga belum memenuhi target.

Ada lagi penyelenggaraan E – Money dalam pemberian bantuan siswa miskin Kabupaten Tulungagung, dimana dalam pelaksanaanya kegiatan program (BSM) melalui E-Money Bupati perlu memberikan perhatian yang serius.

Pada sektor kesehatan ,Program kegiatan yang ada di Puskesmas tidak bisa terealisasi, diantaranya pengelolaan pelayanan kesehatan orang terduga tuberculosis yang masih 0 persen. Hal tersebut karena adanya ketakutan di masyarakat terhadap keluhan batuk dimasa pandemi.

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, MM menyampaikan terima kasih atas rekomendasi yang telah diberikan oleh DPRD Tulungagung. Ia menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Tulungagung akan segera mengambil tindakan untuk menindaklanjuti rekomendasi tersebut.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada DPRD Tulungagung yang telah dengan cermat menyusun rekomendasi dan catatan berupa catatan strategis berisikan saran, masukan dan koreksi. Kami akan segera melakukan perbaikan dan peningkatan dalam pelaksanaan program-program yang masih belum terealisasi secara maksimal,” katanya usai rapat paripurna.

Selain itu, Bupati juga berharap dengan adanya rapat paripurna ini dapat segera mendukung upaya peningkatan pelayanan dan pemberdayaan kepada masyarakat di Kabupaten Tulungagung sehingga dapat berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat. (Adv/Sdr)