DaerahHead Line NewsNgawiPolitik & Pemerintahan

Talud Jalan Usaha Tani Desa Mojo untuk Memperlancar Akses Mobilitas Petani

Ngawi, megapos.co.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Mojo Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi membangun talud jalan usaha tani yang bertujuan memudahkan para petani untuk mengangkut pupuk dan hasil pertanian saat musim panen tiba

Selain itu, talud juga berfungsi sebagai penahan badan jalan dari kerusakan pada musim hujan tiba.

Talud jalan usaha tani merupakan akses jalan yang sangat dibutuhkan kelompok tani untuk kelancaran pertanian dalam menggunakan alat mesin pertanian menuju lahan pertanian juga hasil pertanian menuju tempat penyimpanan, pengolahan dan pasar serta mencegah longsor.

Tidak hanya itu, pembangunab talud jalan usaha tani ini adalah untuk memperlancar pendistribusian bibit, pupuk serta saprodi ke lokasi tanaman dan memperlancar akses mobilitas kegiatan pertanian.

Kepala Desa Mojo, Subiyanto didampingi Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Mojo Rasidin menerangkan, pembangunan talud jalan usaha tani dari DD (Dana Desa ) tahun anggaran 2023.

“Pembangunan talud ini berlokasi di jalan pertanian Dusun Pojok 04/03 Desa Mojo dengan Volume 226 meter menyerap anggaran sebesar Rp.144 juta yang dikerjakan oleh TPK Desa Mojo,” tegasnya.

“Dengan dilaksanakannya pembangunan talud Jalan usaha tani ini diharapkan proses mobilisasi alat-alat dan pertanian juga produk pertanian akan lebih lancar sehingga dapat mengurangi ongkos produksi (ongkos angkut) dan harga komoditi pertanian menjadi lebih baik, ” harapnya.

Menurutnya, akses jalan pertanian ini sangat diharapkan oleh kelompok tani Desa Mojo apalagi selain jalan menjadi lebih luas bisa dilewati alat mesin pertanian dan berpapasan juga hasil pertanian menjadi lebih baik dan bagus karena pendistribusian pupuk dan kebutuhan yang dibutuhkan petani terpenuhi.

“Untuk penerapan Perpres 104, semoga hanya tahun ini saja dan kembali dengan aturan permendes sebelumnya, agar Kepala Desa Lebih maksimal dalam mensejahterakan masyarakat karena Kepala Desa berhubungan langsung dengan masyarakat, ” pungkasnya.(Adv/ Dar)