DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Lulus 100 Persen, 302 Siswa Siswi SMAN 2 Nganjuk Diwisuda

Nganjuk, megapos.co.id – Usai kelulusan, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Nganjuk menggelar Wisuda Peserta Didik Kelas XII tahun pelajaran 2022/ 2023, Rabu (17/5/2023) di Aula SMAN 2 Nganjuk.

Dalam wisuda angkatan ke-48 tahun 2023 ini, SMAN 2 Nganjuk meluluskan 302 peserta didik. Terdiri dari 218 siswa jurusan MIPA dan 84 siswa jurusan IPS. Semuanya dinyatakan lulus 100 persen.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, Pengawas SMK, Sarjono dan Supriyanto, Kepala SMAN 2 Nganjuk, Dr Rita Amalisa, ketua komite sekolah, tenaga pendidik dan siswa siswi kelas XII.

Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi foto bersama keluarga besar SMAN 2 Nganjuk

Kepala SMAN 2 Nganjuk, Dr Rita Amalisa mengatakan, wisuda adalah puncak pengukuhan secara formalitas bagi peserta didik yang telah menempuh pendidikan di sebuah lembaga.

“Selamat, hari ini, kalian menerima seluruh perangkat kelulusan dari SMAN 2 Nganjuk,” terang Rita sapaan akrab Dr Rita Amalisa.

Menurutnya, pendidikan yang tinggi merupakan pilihan terbaik bagi setiap lulusan SMA karena sejatinya lulusan SMA tidak diarahkan untuk langsung bekerja, tetapi melanjutkan studi.

“Turut berbangga kepada anak-anakku yang sudah diterima di perguruan tinggi baik melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) maupun jalur seleksi rapor Poltekkes,” terangnya.

Masih menurut Rita, indeks sekolah adalah gambaran kualitas sekolah yang dibuat atau ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN).

“Indeks sekolah SMAN 2 Nganjuk di Kabupaten Nganjuk masih bertengger di peringkat pertama. Hal ini tak lepas dari kakak-kakak kalian yang sudah dulu diterima di universitas,” urainya.

Rita pun berharap para wisudawan wisudawati tahun ini dapat mengejar ilmu tentunya dengan diimbangi karakter yang baik.

“Tetap berusaha dan pantang putus asa agar tercapai kesuksesan di masa depan,” harapnya.

Terkait pendidikan berkarakter, kata Rita, SMAN 2 Nganjuk menerapkan iklim dan budaya sekolah yang nyaman di lingkungan sekolah.

“Hal ini penting kita lakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah sehingga harapannya bisa mendukung pencapaian prestasi,” jelasnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjut Rita, sebagai motivasi untuk meningkatkan prestasi, sekolah memberikan beasiswa kepada siswa siswi berprestasi.

“Hari ini, kita berikan reward atau penghargaan kepada siswa siswi yang meraih peringkat paralel hasil belajar tahun ajaran 2022/2023 masing-masing jurusan,” katanya.

Penyerahan penghargaan kepada siswa siswi peraih peringkat paralel hasil belajar tahun ajaran 2022/2023

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi memberikan motivasi kepada siswa siswi kelas XII.

Menurut Bupati Marhaen, sebagai generasi muda khususnya lulusan SMAN 2 Nganjuk harus berani bermimpi dan berani mencoba untuk mencapai kesuksesan.

“Jadilah anak yang bermental juara dan bermental tangguh. Karena dengan memiliki mental juara akan mengantarkan kita kepada kesuksesan,” kata Kang Marhaen sapaan akrab Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi.

“Karena, DNA kita adalah DNA pemenang karena kita dilahirkan di bumi Anjuk Ladang yaitu tanah kemenangan,” terangnya.

Reporter : Jumiati