DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Kelulusan, 285 Siswa Siswi SMPN 4 Nganjuk Diwisuda

Nganjuk, megapos.co.id – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Nganjuk menggelar Wisuda Purnawiyata Peserta Didik Kelas IX, Selasa (23/5/2023) di Gedung Wanita, Nganjuk.

Setelah menempuh pendidikan selama 3 tahun, sebanyak 285 siswa siswi SMPN 4 Nganjuk resmi diwisuda dan dilepas.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Nganjuk, Sopingi, Kasi Pembinaan Kesiswaan SMP dan Kurikulum, Munawir, Kepala SMPN 4 Nganjuk, Minarti SPd MPd, ketua komite dan pengurus,  tenaga pendidik dan kependidikan, wali murid dan peserta didik kelas IX.

Dalam kesempatan itu, Kepala SMPN 4 Nganjuk, Minarti SPd MPd mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mensupport kegiatan Wisuda Purnawiyata ini sehingga bisa berjalan lancar dan sukses.

Kepala SMPN 4 Nganjuk, Minarti SPd MPd saat memberikan sambutan

“Alhamdulilah hari ini kita bisa menggelar acara Wisuda Purnawiyata, hal ini tak lepas dari kerja keras anak-anak, bapak ibu guru pendamping dan kerjasama wali murid,” terangnya.

Menurut Minarti, tenaga pendidik SMPN 4 Nganjuk telah membimbing dan mengasuh anak didiknya selama 3 tahun sehingga menjadi generasi yang berbudi luhur dan berkarakter.

“Untuk itu, melalui momentum Wisuda dan Purnawiyata ini, kami segenap bapak ibu guru mengembalikan putra putri penjenengan untuk dibimbing ke jenjang pendidikan selanjutnya,” tandasnya.

Diakui Minarti, dalam memberikan pelayanan pendidikan selama 3 tahun ini, pihaknya masih banyak kekukarangan.

“Untuk itu, atas nama pribadi dan keluarga besar SMPN 4 Nganjuk kami memohon maaf jika ada khilaf. Karena, jumlah bapak ibu guru kita sebanyak 60 orang dan harus mengasuh hampir 1000 anak, sehingga wajar ada keterbatasan kami, semoga bapak ibu memahami,” katanya.

Masih menurut Minarti, masyarakat Nganjuk khususnya wali murid kelas IX bisa berbangga karena bisa menyekolahkan putra putrinya di SMPN 4 Nganjuk.

“Saya sebagai kepala sekolah atau pendamping, belum 1 tahun sudah merasakan kecocokan di hati, betah dan krasan menjadi bagian dari keluarga besar SMPN 4 Nganjuk,” tukasnya.

Kepala Dindik Nganjuk, Sopingi didampingi Kepala SMPN 4 Nganjuk saat menyerahkan hadiah kepada siswa berprestasi

Menurut Minarti, hal itu juga terlihat pada kekompakan antara bapak ibu guru pembimbing dan anak didik yang mengikuti berbagai kegiatan di sekolah.

“Guru dan siswa, larinya sama-sama banter. Bahkan, ketika mengikuti persiapan lomba, mereka tidak mengenal waktu dan selalu semangat berjuang,” imbuh Minarti.

Sehingga, katanya, tak heran jika sederet prestasi baik akademis maupun non akademis mampu diraih siswa siswa SMPN 4 Nganjuk.

“Bahkan, dalam kurun waktu 1 tahun mulai bertugas di SMPN 4 Nganjuk yaitu bulan Mei 2022 hingga bulan Mei 2023 , kita bisa menyabet 35 prestasi dalam berbagai kejuaraan,” bebernya.

Sebut saja, lanjut Minarti, juara 1 Lomba Konten Video Kemerdekaan, juara 1 Voly Putra, juara 1 Futsal Putra dan juara 1 Gerak Jalan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI.

Kepala Dindik Nganjuk, Sopingi didampingi Kasi Pembinaan Kesiswaan SMP dan Kurikulum, Munawir dan Kepala SMPN 4 Nganjuk, Minarti foto bersama siswa siswi berprestasi usai penyerahan hadiah

“Selain itu, di tahun 23 kejuaraan FLS2N yaitu juara I Musik tradisi, juara II Gitar Duet, juara III tari, kejuaraan OSN juara umum III karate, juara III cipta cerpen,” tambahnya.

Di tahun 2022, lanjutnya, juara II IPSI SMASAC Cup, juara III Lari 200 M, juara III Tari Terbaik SMASAC juara III Pionerring di SMAN 2 Nganjuk dan sebagainya.

Dalam kesempatan itu, Minarti juga berpesan kepada anak didiknya untuk menggapai cita-cita setinggi langit.

“Jangan berhenti sampai di sini, lanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi agar kalian semua bisa menjadi kader-kader bangsa yang nantinya bisa membanggakan oraang tua dan almamater sekolah,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dindik Kabupaten Nganjuk, Sopingi mengapresiasi kesuksesan dan prestasi SMPN 4 Nganjuk.

“SMPN 4 Nganjuk top banget dan keren. Di bawah komando Bu Minarti, SMPN 4 Nganjuk terus berbenah dan bergeliat dengan berbagai kreativitas,” terang Sopingi.

Kepada siswa siswi yang diwisuda, ia berpesan agar tetap semangat meraih cita-cita untuk kesuksesan di masa depan.

“Wisuda hari ini bukan akhir dari perjalanan, tapi justru awal dalam perjuangan meraih masa depan yang lebih baik,” tandasnya.

Untuk itu, Sopingi berharap, lulusan SMPN 4 Nganjuk harus tetap semangat, berani bermimpi dan berani mencoba untuk mencapai kesuksesan.

“Jadilah anak yang bermental juara dan bermental tangguh. Karena dengan memiliki mental juara akan mengantarkan kita kepada kesuksesan,” tambahnya.

“Karena, DNA kita adalah DNA pemenang karena kita dilahirkan di bumi Anjuk Ladang yaitu tanah kemenangan,” tutup Sopingi.

Reporter : Jumiati