BlitarDaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Pjs Bupati Blitar Resmi Buka Bimtek Seniman Kabupaten Blitar

Blitar, megapos.co.id – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Blitar, Dr. Ir. Jumadi, M.MT secara resmi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk seniman se-Kabupaten Blitar.Senin, 21 Oktober 2024.

Acara ini berlangsung di Hall Kampung Coklat, Plosorejo, Kademangan, dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli, serta kepala perangkat daerah terkait. Para seniman dari berbagai penjuru Kabupaten Blitar juga ikut meramaikan kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Pjs Bupati Blitar menggarisbawahi bahwa Kabupaten Blitar, yang dikenal sebagai “Tanah Para Raja”, memiliki kekayaan seni dan budaya yang luar biasa.

Potensi seni, budaya, kuliner, dan pariwisata tersebar di berbagai desa, dan menurut Jumadi, ini adalah aset berharga yang perlu terus dikembangkan untuk mendukung perekonomian daerah.

“Seni bukan hanya sekedar hobi, tapi juga menjadi cerminan jiwa dan budaya bangsa,” ujar Jumadi.

Pihaknya juga menambahkan, bahwa seni budaya di Kabupaten Blitar sudah diakui di tingkat nasional, seperti jaranan tril yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

“Ini merupakan potensi besar untuk mendongkrak industri pariwisata daerah melalui kekayaan budaya,” tuturnya.

Jumadi juga mengajak para seniman untuk terus berinovasi di tengah arus globalisasi, agar karya-karya seni Blitar dapat bersaing di tingkat nasional bahkan internasional.

“Diharapkan, adanya pemanfaatan teknologi informasi menjadi salah satu kunci dalam mempublikasikan karya-karya tersebut tanpa menghilangkan nilai budaya yang terkandung,” ungkapnya.

Diakhir sambutannya, Jumadi berharap kegiatan Bimtek ini dapat memperkaya wawasan dan keterampilan seniman Blitar, sekaligus menjadi forum untuk berbagi ide dan pengalaman demi kemajuan seni budaya daerah.

“Mari kita bersama-sama memajukan seni dan budaya Kabupaten Blitar, menjadikannya kebanggaan kita semua,” tuturnya sebelum secara resmi membuka acara Bimtek.

Dengan semangat yang tinggi, acara ini diharapkan dapat mendorong perkembangan seni budaya di Kabupaten Blitar, sekaligus memberikan kontribusi nyata terhadap ekonomi kreatif daerah. (Adv/Kmf/ayu)