Desa Kedunggalar Semakin Maju dan Bersinar

Ngawi, megapos.co.id – Kedunggalar adalah sebuah desa yang berada di ibu kota kecamatan, berjarak kurang-lebih 23 kilometer ke arah barat dari pusat pemerintahan Kabupaten Ngawi. Desa ini terdiri dari 7 dusun, 67 RT, 9 RW, berpenduduk 11.136 jiwa, dengan jumlah pemilih 8.200 jiwa.

Seperti desa-desa yang lain yang berada di ibu kota kecamatan, mata pencaharian penduduknya majemuk, ada yang berdagang, usaha UKM, PNS, swasta, dan lain sebagainya. Namun sebagian besar tetap bercocok tanam atau bertani.

Kedunggalar dipimpin oleh kepala desa yang bernama Joko Waluyo. Laki-laki ini sudah memimpin desa tersebut selama 2 periode berjalan. Selama kepemimpinannya, Desa Kedunggalar bangkit maju pesat dari era sebelumnya, yang boleh dibilang kurang greget membangun, malah justru terkesan stagnan dan banyak permasalahan timbul.

Joko Waluyo merupakan mantan Satgas PDIP yang juga tokoh pendekar pencak silat PSHT. Dia terbukti mampu merangkul berbagai elemen masyarakat yang semula berkubu-kubuan, dengan gaya kepemimpinan ramah, enerjik, tidak banyak bicara namun langsung kerja nyata di tengah-tengah masyarakat.

Hal itu dibuktikan ketika ada kegitan kerja bakti, Kades Joko Waluyo tak segan-segan ikut larut bekerja seperti warga lainnya dengan datang lebih awal membawa uborampe lengkap berupa rokok, makanan dan minuman.

Di sisi lain, desa ini juga getol melakukan perbaikan infrastruktur jalan berupa pavingisasi hingga jalan melingkar mulai Dusun Kaliwowo, Dusun Urung-urung, Dusun Kedunggalar, Dusun Durenan, dan Dusun Pulorejo tersambung mulus.

Bidang olahraga juga menjadi fokus pemerintah desa, baik sepakbola, bola voli, mau pun pencak silat maju dengan pesat. Semua itu dibuktikan dengan tiap even perlombaan antar desa se kecamatan selalu tampil merajai menjadi juara.

Pusat olahraga berupa lapangan diperbaiki dengan cara diurug ditinggikan hingga nampak tidak ledok ngendelong namun sekarang terlihat rata rapi dan nyaman dipakai kegiatan.

Begitu pula urusan kader PKK dan Posyandu, desa ini terlihat menjadi barometer kekompakan tingkat kecamatan dengan Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Anik Joko Waluyo yang turun langsung menjadi motor penggeraknya. Dibuktikan desa ini selalu ditunjuk mewakili kecamatan untuk perlombaan di level kabupaten dan sering mendapatkan nominasi juara.

Joko Waluyo Kepala Desa Kedunggalar mempunyai visi misi mewujudkan Desa Kedunggalar yang ramah dalam pelayanan masyarakat di segala bidang. Kunci penting yang harus dipegang adalah merangkul semua elemen masyarakat, baik perangkat desa, BPD,LPMD, PKK, Hansip, pemuda karang taruna, tokoh masyarakat, tokoh agama dan harus selalu dekat dan ada untuk masyarakatnya. “Kalau kita yang terpenting melayani dan desa harus bisa maju,“ ungkap laki-laki yang masih hobi melatih olahraga seni pencak silat ini.

Satu hal yang membuat beda dengan desa yang lain, Pemerintahan Desa Kedunggalar ini terlihat begitu transparan dalam pengelolaannya, baik anggaran, lelang kas desa, pengadaan ujian perangkat, pengadaan mobil siaga desa, dan selalu mengadakan musyawarah terbuka dengan masyarakatnya. Tak hayal fakta di masyarakat roda kepemimpinan desa Kedunggalar tercium harum.

Reporter : Budiono

Editor : M. Hartono