Disperindagnaker Gelar Rakor Perdagangan

Ngawi, megapos.co.id –  Upaya mendorong pertumbuhan ekonomi dalam rangka peningkatan kesehjahteraan masyarakat  pada sektor perdagangan,  ini adalah tema pada rapat koordinasi (rakor) perdagangan  yang digelar Dinas Perindustrian Perdagangan dan Tenaga Kerja (Disperindagnaker) Kabupaten Ngawi, di sebuah rumah makan, Rabu (28/11/2018).

Acara ini dihadiri oleh semua OPD, pelaku usaha,  perwakilan pasar se-Kabupaten Ngawi, UKM,  konsumen,  dan tokoh  masyarakat  umum. Rakor sendiri berjalan dengan  lancar dengan  dibuka lansung oleh Kepala Disperindagnaker Kabupaten Ngawi, Ir. Yusuf Rosadi.

Dalam sambutannya,  Ir. Yusuf Rosadi Kepala Disperindagnaker Kabupaten Ngawi memaparkan pentingnya suatu cara yang tepat untuk menghadapi  konsumen yang cerdas. Menurutnya,  sekarang  ini masuk pada era perdagangan bebas, yaitu barang dagangan bisa leluasa menjelajah ke luar negara,  namun  barang – barang impor juga bebas membanjiri seluruh  pelosok  negeri.

“Maka dari itu kita harus selalu berupaya meningkatkan mutu produk dagang  agar bisa bersaing  dengan kompetitor luar sehingga kita tidak menjadi penonton  di rumah sendiri.  Konsumen sekarang tidak lepas dari peran smart phone yang notabene sangat memanjakan orang. Kita  selaku pelaku usaha harus tahu dan mampu mengikuti perkembangan  kebutuhan masyarakat konsumen,” urainya.

Peserta rakor Perdagangan menyannyikan lagu Indoesia Raya sebelum acara dimulai

Lebih jauh Yusuf  mengatakan  bahwa tujuan  diadakan rakor yaitu untuk mensuport pelaku usaha agar senantiasa mengikuti tren permintaan pasar,  bisa memetakan dan menyediakan permintaan konsumen sesuai  kebutuhannya,  dengan begitu usaha yang dijalankan bisa lancar, perputaran transaksi perdagangan cepat hingga  berdampak pada peningkatan kesejahteraan rakyat.

Sementara itu, Drs.Sugeng Hariyadi Kepala Bidang Perdagangan  mengatakan  bahwa sektor  perdagangan merupakan sektor  terbesar kedua yang menopang ekonomi  masyarakat setelah pertanian di Kabupaten Ngawi.

“Pemkab Ngawi melalui disperindagnaker begitu merasa perlu untuk mendorong upaya – upaya yang nyata agar usaha di lini ini bisa lebih maju untuk meningkatkan  kesejahteraan  masyarakat luas,” bebernya. (adv/disperindagnaker)

Reporter  : Budiono

Editor       : M. Hartono