DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Mindo Serahkan Bantuan Bibit dan Pupuk

Nganjuk, megapos.co.id – Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, daerah pemilhan VIII Jawa Timur Ir Mindo Sianipar menyerahkan bantuan berupa bibit dan pupuk kepada anggota kelompok tani (poktan) “Sido Makmur” Desa Tanjungrejo Kecamatan Loceret.

Adapun bantuan yang diberikan  berupa bibit tanaman buah kelengkeng sebanyak 400 batang, mangga 400 batang dan durian 200 batang. Selain itu, Mindo juga menyerahkan bantuan pupuk cair sebanyak 200 botol. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Mindo saat menggelar reses dan kunjung lapang poktan “Sido Makmur” Desa Tanjungrejo Kecamatan Loceret, Rabu (12/12/2018).

Ir. Mindo Sianipar saat menyerahkan bantuan bibit tanaman

Dalam kesempatan itu, Mindo menegaskan bahwa bantuan yang diberikan kepada anggota poktan tersebut bertujuan untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian. “Salah satunya, pupuk cair ini kita buat agar tanaman memiliki daya tahan terhadap hama penyakit pada tanaman,” kata Mindo.

Diakui Mindo, bahwa saat ini, lahan pertanian mulai berkurang dengan adanya pembangunan jalan tol maupun pabrik. “Namun hal itu bukan menjadi alasan bagi petani. Petani harus berfikir dan memiliki inovasi yaitu bagaimana agar pendapatan terus bertambah,” katanya.

Mindo mencontohkan, dengan satu musim tanam jagung, petani tidak hanya bisa menjual jagung pipel saja, akan tetapi jika petani mau berfikir, dari hasil menanam jagung tersebut, bisa dikembangkan yaitu menjual telor ayam, daging ayam, daging bebek dan sebagainya. “Sehingga dengan begitu, petani bisa meningkatkan nilai tambah dari hasil menanam jagung tersebut,” ungkapnya lagi.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjungrejo, Patoni SH menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mindo Sianipar yang telah memberikan bantuan bibit tanaman dan pupuk cair kepada masyarakat Nganjuk khususnya petani di Desa Tanjungrejo.

Kepala Desa Tanjungrejo, Patoni, SH (kanan)

“Program-program Pak Mindo selama beberapa tahun ini sangat menyentuh dan dirasakan manfaatnya bagi petani yang ada di Desa Tanjungrejo. Mereka sangat berterima kasih dengan bantuan baik bibit maupun alsintan yang diberikan Pak Mindo,” kata Patoni.

Diakuinya, dari 4 poktan yang ada di Desa Tanjungrejo yaitu poktan Sri Rejeki, Sido Makmur, Sido Mulyo dan Cahaya Tani dengan lahan pertanian lebih dari 50 hektar ini telah banyak merasakan manfaat bantuan dari Mindo Sianipar seperti handtractor, mesin penanam padi, mesin pemotong padi dan sebagainya.

“Saya berharap, dengan bantuan tersebut bisa memotivasi petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian sehingga bisa meningkatkan perekonomian petani yang ada di Desa Tanjungrejo,” pungkasnya.

Reporter : Jumiati

Editor : M. Hartono