Lantik Anggota BPD, ini Pesan Plt Bupati Tulungagung

Tulungagung, megapos.co.id  – Sebanyak 2161 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode tahun 2018 – 2014, dari 257 desa se-Kabupaten Tulungagung dilantik oleh Plt. Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Rabu, (26/12/2018).

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Tulungagung Maryoto Birowo menyampaikan, ribuan anggota BPD yang dilantik ini merupakan hasil dari panitia yang melaksanakan pengisian BPD di 257 desa se – Kabupaten Tulungagung masa bakti tahun 2018 – 2024.

“Semua adalah yang mewakil dari masyarakat desa yang berasal dari faktor wilayah rukun warga (RW) dan tokoh masyarakat, atau pun berasal dari satu orang perwakilan perempuan dengan subjek pengisian keanggotaan BPD tahun tahun 2018 – 2024,” paparnya.

Maryoto menambahkan, ketentuan-ketentuan yang sesuai dengan pengertian pemerintah desa merupakan lembaga kontras dalam penyelenggaraan pemerintahan desa yang berfungsi menetapkan peraturan desa bersama kepala desa serta yang menampung aspirasi dan menyalurkannya.

“Pemilihan anggota BPD mengacu pada PP Nomor 43 Tahun 2014 sebagaimana diubah dengan PP Nomor 47 tahun 2015 tentang petunjuk tentang Badan Permusyawaratan Desa yang telah kita transformasikan secara umum dan Perda Nomor 18 tahun 2017 tentang Perbup Nomor 8 tahun 2018 tentang petunjuk pelaksanaan Perda Nomor 18 tahun 2000,” bebernya.

Pada kesempatan ini, Maryoto mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh anggota BPD masa bakti 2018 –  2024 dan juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia pentelenggara karena atas dukungan dan partisipasinya terhadap pelaksanaan program-program Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung yang telah direncanakan selama ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Dia berharap, ke depan Kabupaten Tulungagung dapat berkembang ke arah yang lebih baik dan dapat menjadikan Kabupaten Tulungagung semakin maju dan sejahtera, ayem tenterem mulyo lan tinoto.

“Semoga melalui kegiatan peresmian pengucapan sumpah janji pelantikan anggota BPD masa bakti tahun 2018 – 2024 ini bisa menjadi titik pangkal yang lebih baik ke depan dalam memajukan Kabupaten Tulungagung, dan sekaligus dalam pelaksanaan pemerintahan di Kabupaten Tulungagung. Semoga mendapat rido dari Allah SWT,” tuturnya.

Reporter : Agus Budiyanto

Editor      : M. Hartono