523 CPNS di Tulungagung Ikuti Pemberkasan

Tulungagung, megapos.co.id – Sebanyak 523 dari 5.590 peserta di Kabupaten Tulungagung mengikuti pemberkasan tahapan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS). Sebelumnya mereka mengikuti beberapa ujian termasuk tes kemampuan dasar akademik atau bidang.

Ratusan peserta CPNS ini mengikuti pemberkasan yang dilaksanakan di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Selasa (8/01/2019). Pelaksanaan pemberkasan dihadiri oleh Plt. Bupati Tulungagung Maryoto Birowo serta pejabat struktural Pemkab Tulungagung.

Plt. Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan, tujuan dikumpulkannya para CPNS ini akan diberikan wawasan secara administrasi yang dikenal dengan pemberkasan.

Sesuai undang-undang nomor 5 tahun 2014, lanjut Maryoto, kriteria menjadi PNS harus melalui tes CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K). “Apabila ada CPNS mengundurkan diri, mereka akan rugi. Karena rekrutmen CPNS belum tentu lima tahun sekali diselenggarakan,” ujarnya.

Dijelaskan, dari jumlah formasi yang dibutuhkan di Kabupaten Tulungagung, yakni formasi guru. Dari jumlah tersebut, jumlah guru sekolah dasar (SD) di sekolah-sekolah pinggiran masih kurang, hanya 1 orang guru yang PNS yakni kepala sekolah.

Dengan adanya pemberkasan ini, diharapkan para CPNS menjadi pegawai yang memiliki kredibilitas dan kapabilitas, sehingga menjadikan aparatur sipil negara (ASN) yang sesuai dengan kompetensi di bidangnya masing-masing.

Reporter : Agus Budiyanto

Editor      : M. Hartono