“Boyongan” Drs Heru Hertanto MPd ke SMKN 1 Nganjuk, Haru dan Meriah

Nganjuk, megapos.co.id – Haru dan meriah. Ungkapan tersebut cocok untuk menggambarkan jalannya proses “boyongan” Kepala SMKN 2 Nganjuk yang lama, Drs Heru Hertanto MPd ke tempat tugas yang baru yaitu di SMKN 1 Nganjuk.

Betapa tidak, serangkaian ungkapan kehilangan baik dari siswa siswi maupun dari para pendidik disampaikan khusus untuk melepas Heru Hertanto untuk bertugas di tempat yang baru.

Salim pelepasan Kepala SMKN 2 Nganjuk yang lama dengan siswi

Acara “boyongan” yang digelar di halaman sekolah, Rabu (16/1/2019) ini diawali dengan kegiatan salim pelepasan Kepala SMKN 2 Nganjuk dengan seluruh siswa siswi. Acara tampak berlangsung haru, bahkan tidak sedikit para siswa maupun para pendidik meneteskan air mata karena berat untuk melepaskan seorang figur pemimpin seperti Heru Hertanto.

Sumarsih, Waka Kesiswaan SMKN 2 Nganjuk mewakili seluruh pendidik SMKN 2 Nganjuk mengungkapkan rasa kehilangan yang begitu dalam. “Karena selama 6 tahun memimpin SMKN 2 Nganjuk, Bapak Heru Hertanto telah mengabdikan diri untuk membawa SMKN 2 Nganjuk semakin maju. Banyak prestasi yang telah ditorehkan beliau untuk sekolah ini,” ungkapnya.

Siswi SMKN 2 Nganjuk menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pak Heru

“Atas nama pribadi dan mewakili bapak ibu SMKN 2 Nganjuk, kami menyampaikan ucapan terima kasih dan mendoakan semoga di unit kerja yang baru, bapak Heru diberikan kesehatan dan kemudahan di dalam melaksanakan tugas,” harapnya.

Selain itu, kata Sumarsih, seluruh keluarga besar SMKN 2 Nganjuk juga berkomitmen untuk terus mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah diraih. “Kami tidak akan melupakan prestasi yang telah bapak torehkan untuk kemajuan SMKN 2 Nganjuk,” tambahnya.

Rombongan iring-iring menggunakan kereta kelinci dan sepeda ontel

Senada dengan pendidiknya, ungkapan kehilangan juga disampaikan Suci, siswa kelas XI Akuntansi. Menurut Suci yang juga anggota OSIS, Pak Heru sapaan akrab Heru Hertanto merupakan sosok kepala sekolah yang selalu mau mendengar dan memberikan motivasi kepada anak didiknya. “Semisal, ketika kita memiliki program kegiatan yang ingin kita laksanakan, beliau selalu berupaya untuk mewujudkan demi kesuksesan kegiatan kita,” kata Suci.

Selain itu, katanya, Pak Heru juga sering memberikan wejangan maupun motivasi di banyak kesempatan seperti rapat OSIS maupun MPK. “Saat memberikan wejangan atau motivasipun, beliau selalu bisa menciptakan suasana seenak mungkin sehingga kita selalu nyaman,” ungkapnya lagi.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala SMKN 2 Nganjuk yang lama Drs Heru Hertanto MPd menyampaikan terima kasih kepada seluruh tenaga pendidik, tata usaha dan seluruh siswa siswi karena SMKN 2 Nganjuk semakin sukses.

“Kesuksesan SMKN 2 Nganjuk bukan semata-mata karena kesuksesan kepala sekolah, tetapi kesuksesan sekolah karena andil bapak ibu guru, tata usaha dan anak-anakku,” tegas Heru.

Menurut Heru, ada dua hal yang menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan SMKN 2 Nganjuk, yaitu bersyukur diberikan kesehatan dan bersyukur diberikan ilmu yang bermanfaat. “Tanpa bersyukur, SMKN 2 Nganjuk tidak akan berkibar,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Heru juga berpesan kepada seluruh siswa siswi untuk terus mengingat almamater sekolah dan terus berprestasi.

Usai salim pelepasan, acara mulai tampak seru dan meriah. Satu per satu baik dari tenaga pendidik maupun siswa siswi menyumbangkan lagu khusus dipersembahkan untuk Heru Hertanto mulai dari lagu melow sampai lagu dangdut. Mereka tampak larut dalam acara tersebut.

Tiba di acara inti, seluruh tenaga pendidik dan tata usaha mengantarkan Heru Hertanto menuju unit kerja yang baru di SMKN 1 Nganjuk diiringi Sholawatan. Rombongan menggunakan iring-iringan kereta kelinci yang membawa Heru Hertanto beserta istri dan ibu-ibu tenaga pendidik dan TU, sedangkan bapak-bapak tenaga pendidik menggunakan sepeda kayuh/ ontel.

Penyerahan kunci pintu SMKN 1 Nganjuk

Rangkaian acara “boyongan” ini merupakan wujud kepedulian dan rasa hormat seluruh keluarga besar SMKN 2 Nganjuk untuk Drs Heru Hertanto MPd.

Setelah tiba di SMKN 1 Nganjuk, Heru Hertanto dan rombongan disambut hangat oleh Plt Kepala SMKN 1 Nganjuk, Iwan Tresnawan dan tenaga pendidik serta TU SMKN 1 Nganjuk. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sambut kenal Kepala SMKN 1 Nganjuk yang baru di aula SMKN 1 Nganjuk.

Reporter : Jumiati

Editor : M. Hartono