Plt Bupati Ada Acara Mendadak, Pelantikan Pejabat Ditunda

Tulungagung, megapos.co.id – Pelantikan pejabat eselon IV serta pejabat fungsional Pemkab Tulungagung ditunda. Sebelumnya pelantikan dijadwalkan dan dilaksankan hari ini, Jumat, (1/2/2019). Namun karena Plt. Bupati Tulungagung Maryoto Birowo ada kegiatan mendadak, pelantikan akhirnya ditunda.

Wakil Ketua DPRD Tulungagung Imam Kambali sekaligus Koordinator Komisi A DPRD Tulungagung mengatakan, berdasarkan hasil musyawarah dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tulungagung, pihaknya hanya meluruskan informasi terkait pelantikan pejabat fungsional, belum dilakukan kajian maupun pertimbangan.

Ia juga membantah bahwa penundaan pelantikan pejabat ini karena ada intimidasi dari dewan untuk melakukan penundaan. “Bukan penundaan, hanya klarifikasi terkait dengan jajaran dinas seperti pendirian UPT-UPT dihapus akan diganti dengan koordinator di masiing-masing  OPD terkait,” paparnya.

UPT yang rencananya akan dihapus, kata dia, seperti Dinas Pendidikan, Disperindang. Itu nantinya akan dibentuk koordinator di masing-masing wilayah. Masing-masing koordinator nantinya tidak diberikan tunjangan.

Sementara itu, Arif Budiono Kepala BKD Tulungagung mengatakan, penundaan pelantikan ini dikarenakan Plt. Bupati Tulungagung Maryoto Birowo ada kegiatan secara mendadak.

Sedangkan terkait pemanggilan dirinya beserta staf BKD ke dewan, merupakan penyampaian peleburan keberadaan UPT yang ada.

Sementara jumlah UPT di Tulungagung sebanyak 118, dan dilebur menjadi 26 UPT. Dengan bermacam-macam kelas, baik kelas A terdiri dari dinas teknis seperti Dinas Perikanan, Disnakertans dan Bapenda.

“Untuk kelas B yakni Dinas Pendidikan, masing-masing ditempati pejabat eselon IV A dan IV B. Penempatan pejabat di UPT tersebut dilakukan uji kompetensi yang diatur dalam Permen Menpan  Nomor 42 tahun 2018,” tukasnya.

Reporter : Agus Budiyanto

Editor      : M. Hartono