Ir Mindo Sianipar Sosialisasikan Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Nganjuk, megapos.co.id – Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Daerah Pemilihan Jawa Timur VIII, Ir. Mindo Sianipar melakukan sosialisasi empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara di Kabupaten Nganjuk. Sosialisasi tersebut digelar di Dusun Tawangsari Desa Kedungombo Kecamatan Tanjunganom, Minggu (3/2/2019).

Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tersebut adalah Pancasila sebagai landasan ideologi, falsafah, etika moral serta alat pemersatu bangsa; Undang-undang Dasar Negara Republik Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional; Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai konsensus yang harus dijunjung tinggi serta Bhinneka Tunggal Ika sebagai keka­yaan bangsa dan modal untuk bersatu.

Mindo menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah pembelajaran bersama masyarakat untuk mengerti apa itu Konstitusi UUD 45, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. “Pemahaman tentang kehidupan berbangsa dan bernegara ini sangat penting dalam kehidupan yang tujuannya memperkuat nilai nilai dan sendi dalam Pancasila,” ungkapnya.

Tampak peserta sosialisasi empat pilar yang didominasi oleh petani

“Tidak sedikit warga negara Indonesia yang saat ini mulai tidak lagi mengenal apa itu Pancasila dan ini yang sangat kita sa­yangkan. Dan karena dirasa sudah mulai luntur, kita berharap dengan sosialisasi ini, dapat meningkatkan pemahaman akan kesatuan berbangsa, dan UUD 45 yang sebagai Konstitusi Negara serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika,” kata Mindo.

“Oleh karena itu, maka pada kesempataan yang berbahagia ini, saya mengajak kepada dulur-dulur tani, saudara-saudara sekalian untuk bersama-sama lebih mengenali dan memahami landasan ideologi, konstitusi, komitmen kebangsaan serta semangat kesatuan dalam perbedaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang terangkum dalam Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara,” harap Mindo.

Mindo berkomitmen untuk dapat terus memasyarakatkan Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara secara terus menerus sehingga dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan segenap komponen bangsa.

Sementara itu, Ketua Panitia, Dedy Nawan, MK menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah hadir untuk mengikuti seluruh rangkaian acara sosialisasi ini. “Empat pilar sangat penting bagi keutuhan martabat bangsa kita. Oleh karena itu, seluruh lapisan masyarakat khususnya para petani harus memahami nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya,” kata Dedy.

Untuk itu, ia berharap, seluruh peserta bisa memahami akan pentingnya empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara dan harus selalu ditumbuh kembangkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mindo Sianipar yang telah betul-betul komitmen di dalam memperjuangkan kesejahteraan masyarakat khususnya di daerah Pemilihan Jawa Timur VIII.

 “Dengan berbagai bantuan khususnya di bidang pertanian yang selama ini diperjuangkan Ir. Mindo Sianipar, semoga bisa diterima dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Dapil Jawa Timur VIII dalam rangka peningkatan produksi dan produktivitas pertanian untuk mewujudkan kedaulatan pangan,” pungkas Dedy.

Untuk diketahui, acara sosialisasi yang digelar Ir Mindo Sianipar kali ini dihadiri lebih dari 200 peserta terdiri dari kepala desa, anggota Kelompok Tani, Kelompok Ternak, anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan dan tokoh masyarakat.

Reporter : Jumiati

Editor : M Hartono