HPN 2019, Polres Bersama PWI Nganjuk Gelorakan Anti Hoaks

Nganjuk, megapos.co.id – Maraknya berita bohong atau hoaks yang dengan mudah menyebar di masyarakat saat ini manjadi perhatian seluruh elemen masyarakat khususnya dari Polres Nganjuk dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Nganjuk.

“Melalui momentum peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019, Polres Nganjuk bersama PWI Nganjuk menggelar kegiatan road show ke sekolah-sekolah dalam rangka menggelorakan anti hoaks, salah satunya di SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk,” ungkap AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta, S.I.K.,M.H usai acara Pelajar Pelopor Millenial Road Safety, di SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk, Kamis (7/2/2019).

Menurut AKBP Dewa, media atau pers memiliki peran penting dalam memberikan informasi yang positif kepada masyarakat sehingga harapannya bisa menangkal berita hoaks maupun paham radikalisme. “Selain itu, kegiatan ini dimaksudkan agar generasi millenial terhindar dari berita-berita miring dan menyesatkan.,” katanya.

Kapolres Nganjuk, AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta, S.I.K.,M.H saat memberikan materi kepada pelajar SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk

AKBP Dewa berharap pers bisa bekerjasama dengan masyarakat, khususnya Polres Nganjuk untuk menyampaikan berita-berita yang benar dengan prinsip yaitu netral. “Kita juga berharap pers mampu memberikan edukasi kepada masyarakat dengan berita-berita positif, sehingga masyarakat bisa terayomi,” tandasnya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan SMA, SMK dan PLB Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Nganjuk, Edi Sukarno menyampaikan terima kasih kepada Polres Nganjuk atas terjalinnya sinergitas untuk mengawal pendidikan di Kabupaten Nganjuk.  “Terima kasih kepada bapak Kapolres dan jajarannya, dengan kegiatan ini semoga anak-anak kita bisa menjadi generasi cerdas dan tidak mudah terpengaruh berita hoaks,” harap Edi.

Dalam kesempatan itu, Edi juga mengapresiasi peran media atau pers di dalam mencerdaskan generasi bangsa. “Penguasaan wawasan dan pengetahuan generasi millenial tidak cukup hanya dengan bacaan-bacaan saja, akan tetapi adanya upaya-upaya pembentukan opini publik yang sangat mendidik sehingga generasi ke depan menjadi generasi yang bertanggung jawab,” pungkasnya.

Ketua PWI Nganjuk, Andik Sukaca mengatakan pihaknya sengaja turut serta berpartisipasi dalam kegiatan positif ini. “Kegiatan sosialisasi anti hoaks ini merupakan kegiatan rangkaian peringatan HPN yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2019,” ungkapnya.

Kampanyekan anti hoaks di kalangan pelajar

Ia berharap dengan kegiatan ini para pelajar nantinya dapat lebih cermat dan bijak dalam menyikapi sebuah berita. Ia juga mengajak para pelajar untuk tidak ikut menyebarkan konten berita negatif. Para pelajar diminta untuk mengecek kembali setiap ada informasi yang diterima supaya berita hoaks dapat ditekan.

Reporter : Jumiati

Editor: M Hartono