DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Kewiraan, Membangun Karakter Anak Didik

Nganjuk, megapos.co.id – Berbagai upaya dilakukan SMK Negeri 1 Lengkong untuk membangun dan membentuk karakter anak didik, salah satunya melalui kegiatan Kewiraan. Program yang sudah dilaksanakan dan berlangsung selama tiga tahun ini bertujuan untuk membentuk jiwa kedisiplinan.

Hal ini seperti disampaikan Kepala SMK Negeri 1 Lengkong Drs Anjar Surasa MPd melalui Waka Kesiswaan MA Chamid, SPd MM saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (11/2). Menurut Chamid, kegiataan Kewiraan yang diwajibkan bagi kelas X ini dilaksanakan setiap hari Rabu pagi. “Jadi, mereka diwajibkan untuk mengikuti rangkaian kegiatan Kewiraan yang dimulai pukul 05.45 – 08.00 wib,” ungkap Chamid.

Tampak anak didik SMK Negeri 1 Lengkong saat mengikuti salah satu kegiatan Kewiraan

Dalam pelaksanaannya, kata Chamid, pihaknya melibatkan pembina dari luar sekolah, diantaranya Kodim 0810/ Nganjuk dan Polres Nganjuk.  “Mereka (anak didik_red) akan mendapatkan sejumlah materi dari pembina diantaranya baris berbaris, wawasan kebangsaan, tata tertib berlalu lintas, bahaya narkoba dan sebagainya,” tandasnya.

Ia menegaskan kegiatan ini penting dilakukan dalam rangka untuk membentuk dan membangun karakter anak didik sesuai dengan visi dan misi SMK Negeri 1 Lengkong. “Kita berharap dengan kegiatan Kewiraan ini, anak didik kita semakin disiplin dan patuh terhadap tata tertib dan aturan sekolah. Ke depan, semoga, mereka bisa mengimplementasikan di dalam kehidupan bermasyarakat,” pungkasnya.

(Ki – Ka) Waka Humas Saiful Hidayat dan Waka Kesiswaan MA Chamid, SPd MM

Adapun visi yang diusung SMK Negeri 1 Lengkong adalah mewujudkan sekolah sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan teknologi tamatannya dapat bersaing pada pasar kerja. Sedangkan misinya adalah memberikan kemampuan dan keterampilan kepada peserta didik untuk menjadi manusia yang bertaqwa, disiplin, jujur, bermoral dan berbudaya.

Selain itu, mengembangkan sekolah sebagai tempat pelatihan menengah kejuruan bersertifikat nasional, menghasilkan tamatan bersertifikat teoric internasional, menyiapkan dan menyalurkan tamatan sebagai tenaga terampil sesuai dengan tuntutan dunia kerja (DU/DI), membentuk manusia berkarakter Pancasila dan menciptakan tamatan yang mampu berwirausaha.

Reporter : Jumiati

Editor : M Hartono