RAT KPRI Kantor Kemenag Kabupaten Nganjuk, SHU Naik 4 Persen

Nganjuk, megapos.co.id – Sisa Hasil Usaha (SHU) Koperasi Pegawai Republik Indonesia ( KPRI) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Nganjuk mengalami kenaikan sebesar 4 persen.

“Untuk tahun lalu, SHU kita sebesar Rp 31 juta lebih dan di tahun 2019 ini SHU kita mengalami kenaikan menjadi Rp 34 juta lebih,” ungkap Ketua KPRI Kantor Kemenag Kabupaten Nganjuk, Sutopo SAg MPdI di sela acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kantor Kemenang Kabupaten Nganjuk, Sabtu (23/2/2019).

Menurut Sutopo, SHU dari tiga unit usaha yang dikelola koperasi  yaitu unit usaha simpan pinjam (USP), pertokoan dan studio foto ini akan diberikan kepada seluruh anggota. “Ini membuktikan bahwa KPRI Kantor Kemenag Kabupaten Nganjuk bisa mensejahterakan semua anggota,” jelasnya.

Pengurus KPRI Kantor Kemenag Kabupaten Nganjuk

Diakuinya, dari ketiga unit usaha tersebut, USP adalah unit usaha yang paling berkembang dan banyak diminati anggota. “Untuk USP, pinjaman bagi anggota tidak dibatasi, tetapi akan disesuaikan dengan kemampuan atau gaji yang diterimakan anggota. Saat ini yang sudah kita layani paling besar yaitu pinjaman sebesar Rp 150 juta,” ungkapnya.

Sedangkan untuk simpanan wajib, kata Sutopo, pengurus mewajibkan bagi anggota untuk memenuhi kewajibannya membayar simpanan wajib sebesar Rp 100 ribu setiap bulan.

Sementara itu, untuk dana sosial, lanjutnya, pengurus memberikan santuan kepada kaum dhuafa yang diserahkan pada saat peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Tahun 2019. “Selain  itu, kita juga memberikan beasiswa kepada putra putri anggota yang berprestasi minimal di tingkat kabupaten,” ujarnya.

Masih menurut Sutopo, kegiatan RAT ini merupakan agenda rutin tahunan sebagai bentuk pertanggungjawaban pengurus dan pengawas kepada anggota dalam kurun waktu satu tahun. “Untuk program kegiatan tahun 2019 ini, kita akan melaksanaan beberapa kegiatan yang telah disusun dari hasil Rapat Anggota Rencana Kerja (RARK)  yang digelar pada tanggal 24 November 2018 yang lalu dan kegiatan yang akan dilaksanakan berorientasi pada pelayanan dan kesejahteraan anggota,” terangnya.

Anggota KPRI Kantor Kemenag Kabupaten Nganjuk saat mengikuti RAT

“Selain RAT, agenda kegiatan hari ini adalah pemilihan seorang pengawas yang masa tugasnya telah habis yaitu saudara Muslimin SAg dan pengundian door price,”ungkapnya.

Untuk diketahui, Kepengurusan KPRI Kantor Kemenag Kabupaten Nganjuk periode 2018-2020 yaitu Ketua I Sutopo, S.Ag, MPdI, Ketua II Mochamad Hudaya, MPd, Sekreyaris I Dra Diah Pianawati, Sekretaris II AliMusyafak MPdI dan Bendahara Muksin MPdI.

RAT yang dihadiri oleh seluruh pengawas, pengurus dan anggota KPRI Kantor Kemenag Kabupaten Nganjuk ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Nganjuk Dr. Taufiqurrohman, M.Ag, perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Nganjuk, Dekopinda Kabupaten Nganjuk dan PKPRI Kabupaten Nganjuk.

Reporter : Jumiati

Editor : M. Hartono