DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

961 Koperasi di Tulungagung Miliki Aset Rp 60 M

Tulungagung, megapos.co.id – Plt. Bupati Tulungagung Maryoto Birowo membuka  Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Hidup Kabupaten Tulungagung tahun 2018 di gedung Balai Rakyat, Selasa (26/2/2019).

Dalam sambutannya, Maryoto Birowo menyampaikan, koperasi Hidup adalah milik Pemerintah Kabupaten Tulungagung yang digunakan untuk para pegawai negeri sipil (PNS) yang masih aktif ataupun sudah pensiun, karyawan-karyawati lingkup PemkabTulungagung, serta semua anggota.

Dikatakan, di Tulungagung ada sekitar 961 koperasi yang masih aktif atau beroperasi, dan semuanya mendapat bantuan modal dari Pemkab Tulungagung maupun dari Bank Daerah Tulungagung  yang sifatnya simpan pinjam.

Maryoto berharap, dalam pemberian modal kepada koperasi jangan ada intervensi maupun kebijakan-kebijakan yang tidak sesuai dengan aturan. Pihaknya berupaya agar koperasi yang kolaps terus diberikan pembinaan. Penyebab koperasi kolaps, koperasi yang mengerucut pengurusnya, dan segi manajement serta kredit macet.

“Pemkab Tulungagung akan terus mendorong koperasi-koperasi yang tidak aktif dalam pengelolaan, manajemen, berupa pembinaan serta memberikan modal yang seimbang demi kesejahteraan masyarakat, terutama para pegawai,” tuturnya.

Sementara itu, Sunaryo Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Tulungagung mengatakan, dari 961 koperasi yang sudah terdaftar memiliki aset sebesar Rp 60 miliar yang terdiri dari Koperasi Pegawai Negeri, Koperasi Produksi , Koperasi Unit Desa (KUD) dan Koperasi Wanita (Kopwan).

“Diharapkan dengan adanya rapat kali ini dapat memberikan pemahaman terhadap anggota koperasi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, serta memberikan wawasan sekaligus pembinaan terhadap manajemen koperasi yang tidak sehat,” tandasnya.

Reporter : Agus Budiyanto

Editor      : M. Hartono