Program Keahlian Akomodasi Perhotelan SMKN 2 Bagor, Cetak Siswa Terampil Siap Kerja

Nganjuk, megapos.co.id – Dalam menghadapi era globaliasai maka untuk dapat bersaing peserta didik harus siap berkopetensi di bidang keahlian dan skil. Untuk itu, SMK Negeri 2 Bagor siap mendidik siswanya untuk menjadi tenaga yang terampil dan mempunyai kompetensi yang siap bersaing di dunia usaha, salah satunya program keahlian Akomodasi Perhotelan.

Praktek Front Office

Kepala SMK Negeri 2 Bagor, Supri Handoyo, SPd melalui Kepala Program Keahlian Akomodasi Perhotelan, Risa Umami, SPd mengatakan untuk Program Keahlian Akomodasi Perhotelan, peserta didik dibekali keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam melaksanakan pekerjaan di lingkup Front Office sebagai Reception, eservation, Telephone Operator, dan Porter serta kompeten didalam melaksanakan pekerjaan di lingkup Housekeeping sebagai Public Area Attendant, Room Attendant, Order Taker, Linen dan Laundry Attendant.

“Program Keahlian Akomodasi Perhotelan adalah kompetensi keahlian yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan informasi dan kemampuan  tentang akomodasi perhotelan, pengelolaan dan penyelengaraan akomodasi,” ungkap Risa di sela kegiatan Uji Kompetensi Keahlian (UKK), Senin (8/4/2019).

Menurutnya, program keahlian Akomodasi Perhotelan ini memiliki peluang kerja yaitu menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang yang berhubungan dengan akomodasi seperti, hotel, apartemen dan sarana akomodasi lainnya baik yang dikelola secara individu maupun yang dikelola dengan manajemen. “Selain itu, mereka juga bisa berwirausaha seperti membuka jasa laundry,” katanya.

Untuk mendukung pembelajaran dan praktek program keahlian Akomodasi Perhotelan, kata Risa, SMK Negeri 2 Bagor memiliki Hotel Argotel yang menyediakan ruang praktek dan sarana prasarana yang mencakup ketiganya yaitu Front Office, Housekeeping dan Porter. “Bahkan, kita memiliki 10 kamar untuk praktek,” tegasnya.

Praktek House Keeping

Selain untuk praktek peserta didik, lanjutnya, Hotel Argotel ini juga melayani masyarakat umum untuk menginap. “Jadi, mereka bisa langsung praktek melayani tamu hotel dan tentunya didampingi guru pendamping,” katanya lagi.

Diakui Risa, banyak perusahaan yang bergerak di bidang akomodasi perhotelan yang bekerjasama dengan SMK Negeri 2 Bagor untuk penyaluran tenaga kerja, seperti Hotel Lotus Kediri, Hotel Bukit Daun Kediri, Hotel Purnama Batu dan sebagainya.

“Bahkan, tidak sedikit, ketika ada rekrutmen tenaga kerja, perusahaan-perusahaan besar di bidang akomodasi perhotelan menghubungi kita, misalnya Hotel Sinar Juanda, Hotel Sriwijaya Surabaya dan sebagainya,” katanya lagi.

Ia berharap ke depan semakin banyak kerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar baik yang ada di Kabupaten Nganjuk maupun kota-kota besar lainnya agar bisa menyerap lulusan SMKN 2 Bagor dan bisa langsung kerja.

Untuk diketahui, selain program keahlian Akomodasi Perhotelan, SMK Negeri 2 Bagor juga memiliki program keahlian Jasa Boga (JB), Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH), Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) dan Mekanisasi Pertanian.

Reporter : Jumiati