Kecamatan Kalipuro Gelar Deklarasi Desa Bebas ODF

Banyuwangi, megapos.co.id – Pemerintah Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi menggelar deklarasi desa bebas Open Defication Free (ODF) Tahun 2019, di Desa Ketapang, Kecamatan Banyuwangi, Selasa (16/7/2019).

Henry Camat Kalipuro selaku panitia penyelenggara kegiatan ODF dalam sambutannya mengatakan desa di Kecamatan Kalipuro sudah bebas ODF.

Menurut Henry pihaknya sudah melakukan sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) mulai Tahun 2018 yakni tidak buang air besar sembarangan, Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, pengolahan makanan dan air minum rumah tangga, pengelola sampah rumah tangga dan pengelola limbah cair

Sementara itu, Wakil Bupati Banyuwangi H. Yusuf Widyatmoko yang hadir dalam acara ini mengatakan prestasi dan kebijakan desa, masyarakat harus mengerti sehingga bisa dirasakan masyarakat. “Apa yang sedang kita lakukan, warga juga harus mengerti dan ikut menjaga kebersihan lingkungan,” ungkap Wabup.

“Kegiatan hari ini tidak hanya sekedar deklarasi dan tandatangan ODF dari perwakilan warga dan tokoh masyarakat, tapi harus bisa memberikan contoh kepada masyarakat untuk tidak buang air besar di jamban,” kata Wabup H. Yusuf Widyatmoko.

Ia menambahkan tugas utama setelah Deklarasi ODF juga memberi pengarahan dampak ODF ini kepada warga sehingga terwujud tujuan gaya hidup sehat dengan tidak buang air di sembarang tempat.

Sedangkan Kepala desa Ketapang H. Slamet Kasihono bersama kepala desa Klatak menyambut gembira dengan adanya deklarasi desa bebas ODF 2019.

Hadir dalam acara ini, Wabup H. Yusuf Widyatmoko,Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dokter Widji Lestariono, Camat Kalipuro Hendry, perawat, juga semua kepala desa se Kematan Kalipuro.

Reporter : Budiyono

Editor : M. Hartono